nusabali

Undiksha Buka Pendaftaran Jalur Mandiri Melalui Tes Komputer

  • www.nusabali.com-undiksha-buka-pendaftaran-jalur-mandiri-melalui-tes-komputer

SINGARAJA, NusaBali - Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja membuka penerimaan mahasiswa baru melalui Seleksi Masuk Bersama Jalur Mandiri (SMBJM) Computer Based Test (CBT).

Pendaftaran seleksi ini dibuka dari 14 Juni sampai 11 Juli 2024. Peserta yang telah mengikuti jalur SMBJM model UTBK-SNBT dan model prestasi, dapat kembali mengikuti jalur SMBJM-CBT.

Ketua Tim Promosi Undiksha, Prof Dr I Nyoman Jampel MPd mengatakan, bagi peserta seleksi jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang dinyatakan lolos, baik yang telah mendaftar atau tidak mendaftar kembali, tidak bisa mengikuti jalur ini. Pendaftar juga diberikan tes keterampilan bagi program studi (prodi) tertentu.

SMBJM-CBT dibuka untuk semua prodi yang tersebar di Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran.

Ada tiga syarat pendaftar pada jalur CBT, yakni lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tiga tahun terakhir. 

“Selain jenjang Diploma III, Diploma IV, dan Sarjana, Undiksha juga masih membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa jenjang magister (S2) dan Doktor (S3). Pendaftarannya telah dibuka dari 13 Mei sampai 6 Juli 2024,” kata dia, Rabu (26/6) di Buleleng.

Ia menambahkan, pada tahun 2024 ini, Undiksha semakin mudah dijangkau karena juga membuka rombongan belajar kampus Denpasar, di Jalan Raya Sesetan untuk sejumlah program studi.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Prof Dr Gede Rasben Dantes ST MTI menjelaskan pada penerima mahasiswa baru tahun 2024 ini Undiksha akan menerima 7.039 mahasiswa dari seluruh jenjang. “Saat ini kami sudah mendapat sekitar 4.000 calon mahasiswa. Sisanya kami akan ambil melalui seleksi mandiri,” ujarnya dikonfirmasi terpisah.

Adapun kuota mahasiswa baru jalur mandiri yang disediakan Undiksha Singaraja sebanyak sekitar 1.800. “Semoga sisanya bisa memenuhi daya tampung dan memberikan ruang pada masyarakat untuk meningkatkan kualifikasi akademiknya,” tandasnya.7 mzk

Komentar