nusabali

Pohon Tumbang Picu Macet di Candikusuma

  • www.nusabali.com-pohon-tumbang-picu-macet-di-candikusuma

NEGARA, NusaBali - Sebuah pohon perindang jenis Mahoni di Jalan Umum Denpasar - Gilimanuk, Desa Candikusuma, Kecamatan Melaya, Jembrana, tumbang, Rabu (26/6) pagi. Tidak ada korban jiwa ataupun kendaran yang tertimpa. Perisitwa ini sempat memicu kemacetan jalan raya setempat sepanjang sekitar 500 meter.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Jembrana I Putu Agus Artana Putra mengatakan peristiwa pohon tumbang itu dilaporkan pada sekitar pukul 06.30 Wita. Batang pohon setinggi 10 meter itu tumbang karena disenggol sebuah truk. "Batangnya patah akibat tersenggol badan truk yang sedang melintas dari arah barat ke timur (Gilimanuk ke Denpasar)," ujarnya. 

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun kendaraan yang tertimpa pohon tersebut. Namun pohon yang menutup badan jalan, itu mengganggu kelancaran lalu lintas dan sempat memicu kemacetan panjang pada ruas jalur kendaraan dari arah Denpasar ke Gilimanuk. "Sempat macet sepanjang hampir 500 meter," ucap Agus Artana. 

Setelah menerima laporan tersebut, tim dari BPBD Jembrana segera datang ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan. Evakuasi pohon tumbang itu juga dibantu pihak kepolisian bersama masyarakat setempat. Penanganan dimulai sekitar pukul 07.10 Wita dan selesai pada sekitar pukul 07.30 Wita.

Agus Artana mengimbau kepada para pengendara untuk selalu berhati-hati saat melintas di jalan raya. Pihaknya juga mengaku akan terus berupaya berkoordinasi dengan instansi terkait agar bisa melakukan pencegahan terhadap pohon perindang yang berpotensi membahayakan.7ode

Komentar