nusabali

Diskes Karangasem Rehab 4 Puskesmas

  • www.nusabali.com-diskes-karangasem-rehab-4-puskesmas

AMLAPURA, NusaBali - Dinas Kesehatan (Diskes) Karangasem tengah mempersiapkan pembangunan fasilitas kesehatan di 4 Puskesmas. Proyek ini berbiaya Rp 8,55 miliar dari DAK (dana alokasi khusus).

"Kegiatan fisik ini masih proses tender," jelas Kepala Diskes Karangasem I Gusti Bagus Putra Pertama, di ruang kerjanya, Jalan Ahmad Yani, Amlapura, Rabu (26/6). Gusti Bagus Putra Pertama menyebutkan, pembangunan gedung Puskesmas Sidemen senilai Rp 5,2 miliar, di  Puskesmas Bebandem Rp 3,09 miliar,  Puskesmas Abang 2 berbiaya Rp 181 juta, dan  Puskesmas Selat Rp 80 juta.

Katanya, Dinas Kesehatan Karangasem mendapatkan anggaran dari DAK sebesar Rp 14,27 miliar, selebihnya untuk pengadaan alat kesehatan di RSUD Karangasem dan RS Pratama Kecamatan Kubu. "Untuk alat kesehatan tinggal bayar, barang telah datang sesuai spesifikasinya," tambahnya.

Lanjut Gusti Bagus Putra Pertama, ada pengadaan fasilitas Puskesmas Keliling untuk roda dua, dan roda empat. Adanya penambahan fasilitas itu, kata I Gusti Bagus Putra Pertama, agar kualitas pelayanan meningkat. Sebab, pelayanan untuk masyarakat semakin kompleks.

Bukan saja katanya pelayanan di Puskesmas dan RSUD dan Rumah Sakit Pratama, pemerintah juga memberikan pelayanan dengan mendatangi masyarakat, guna mendekatkan pelayanan, dengan menggunakan fasilitas roda dua dan roda empat.

Kepala Puskesmas Selat dr I Gusti Lanang Udiana membenarkan, dapat tambahan anggaran bersumber dari DAK. “Nanti anggaran itu, untuk pembangunan laboratorium TCM  (tes cepat molekuler) untuk mendiagnose penyakit TB (tuberkulosis),” jelas Gusti Lanang Udiana.

Lab TCM itu, katanya, berbasis real time dengan  kelebihannya sensitif tinggi. Hasil pemeriksaannya bisa diketahui dalam waktu 2 jam dan dapat mendeteksi secara simultan.7k16

Komentar