nusabali

Produk UMKM di PKB XLVI Topeng, Wayang Barong dan Rangda, Pikat Pengunjung

  • www.nusabali.com-produk-umkm-di-pkb-xlvi-topeng-wayang-barong-dan-rangda-pikat-pengunjung

DENPASAR, NusaBali - Pesta Kesenian Bali (PKB) ke -46 tahun 2024 menjadi media bagi pelaku UMKM mempromosikan  produknya kepada masyarakat. Sebaliknya masyarakat dapat melihat, berinteraksi langsung sekalian menikmati suasana PKB. Karena itulah, pelaku UMKM yang berpameran, merasa bersyukur.

“Astungkara dapat kesempatan untuk promosi dan berjualan,” ujar I Wayan Yuda, salah seorang peserta pameran, Rabu(26/6). Pemilik usaha ‘Umah Tari’ asal Banjar Puaya, Desa Batuan, Sukawati, Gianyar   sudah 2 kali ikut berpameran di PKB. Pertama pada PKB tahun 2019. Sedang yang kedua PKB tahun 2024 ini.

Aneka produk kerajinan ukiran dia pamerkan. Mulai dari aneka sosok wayang,  beragam  tapel/topeng dengan berbagai karakter, kemudian jenis-jenis  barong dan rangda. Selain itu  kerajinan lain, diantaranya kipas, ragam gelungan tari dan lainnya.

Yuda menuturkan, peminat  kerajinannya  sebagian  warga lokal, khususnya orang Bali.  pembeli dari  dari daerah lain di Indonesia. “Astungkara, selalu dapat berjualan,” terang Yuda, yang juga punya profesi sebagai penari dan dalang ini.

“Yang kami pamerkan  kebutuhan masyarakat lokal,” tunjuknya pada kerajinan wayang, barong dan yang lain. “Jadi bersyukur ada PKB, bisa ikut berpameran,” ucap Yuda.

Dari pantauan, aneka produk kerajinan UMKM, seperti kerajinan ukiran wayang, tapel, barong dan rangda, diantara  stand  yang banyak  ‘memikat’ pengunjung. k17.

Komentar