nusabali

SDN 4 Padangkerta Borong Juara Festival Tunas Bahasa Ibu

  • www.nusabali.com-sdn-4-padangkerta-borong-juara-festival-tunas-bahasa-ibu

AMLAPURA, NusaBali - SDN 4 Padangkerta, Kecamatan Karangasem, memborong gelar juara FTBI (Festival Tunas Bahasa Ibu) Karangasem 2024. Dua siswa dari SD ini meraih terbaik pada nomor menyanyi solo dan gambar bercerita. Mereka siswa kelas VI, yakni Ni Putu Anandhita Kinanti dan Ni Putu Keisha Nathania Arsana.

Lomba dilaksanakan di Gedung Mall Pelayanan Publik, Jalan Gajah Mada Amlapura, Kamis (27/6). Atas raihan itu keduanya berhak mewakili Karangasem di FTBI Tingkat Provinsi Bali, November 2024.

"Ada dua nomor lomba di FTBI Karangasem 2024, keduanya pemenangnya dari SDN 4 Padangkerta," jelas Kepala Bidang SD, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem, I Gusti Bagus Jaya Arsana.

Dalam FTBI Karangasem 2024, lanjut I Gusti Bagus Jaya Arsana, ada empat nomor. Namun untuk nomor pantomin dan seni tari bersifat eksebisi, langsung mewakili Karangasem di FTBI Tingkat Provinsi Bali.

Pantomin diwakili SDN 4 Bukit melalui pasangan I Komang Candra Oka Saputra dan I Nyoman Ery Sardiartha. Seni tari diwakili SDN 3 Pertima, dengan penari Ni Wayan Devi Satyani Putri, Ni Nengah Nadya Widyasari dan Ni Nengah Viona Widiastiti. Kedua nomor eksebisi itu juga tampil di FTBI Tingkat Kabupaten Karangasem.

Ni Putu Anandhita Kinanti sebagai juara nomor nyanyi solo dan Ni Putu Keisha Nathania Arsana, sebagai juara gambar bercerita sebenarnya keduanya, juga lolos FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Tingkat Provinsi Bali 2024, dalam nomor yang sama, Minggu (5 Mei 2024).

Juri nomor nyanyi solo I Gusti Bagus Bengkel Jaya Kusuma dan I Kadek Budiarta, dan juri gambar bercerita I Ketut Latri. Saingan Ni Putu Nandhita Kinanti di nomor nyanyi solo, sebagai juara II Gusti Ayu Rania Mandacetta dari SD Insan Mandiri Amlapura, dan juara III I Putu Rama Prasetya Mahendra dari SD Insan Mandiri Amlapura.
Juara II gambar bercerita I Ketut Triasa Arsasena dari SDN 2 Duda Timur, Kecamatan Selat dan juara III Putu Cintya Cahya Kirana dari SDN 1 Karangasem.

Secara terpisah, Kasek SDN 4 Padangkerta I Wayan Sarja mengapresiasi prestasi anak didiknya, yang berbakat bidang seni tarik suara dan seni menggambar. "Siswa kami memang berbakat bidang nyanyi solo dan gambar bercerita, beberapa kali lomba konsisten prestasinya selalu sebagai juara di tingkat kabupaten, mudah-mudahan di tingkat provinsi prestasinya meningkat," harap I Wayan Sarja, yang mantan Kasek SDN 4 Subagan, Kecamatan Karangasem.

Sebelumnya, katanya, dalam FLS2N Tingkat Kabupaten Karangasem keduanya, sebagai juara, dan mewakili Karangasem ke FLS2N Tingkat Provinsi Bali, kali ini kembali juara di FTBI Tingkat Kabupaten Karangasem.

Kasek SDN 4 Bukit I Kadek Darma Susila, juga merasa bangga anak didiknya dipercaya mewakili Karangasem di lomba pantomin FTBI Tingkat Provinsi Bali. "Kami terus berlatih," katanya.7k16

Komentar