nusabali

Perpustakaan SMPN 1 Banjar Terbaik di Buleleng

  • www.nusabali.com-perpustakaan-smpn-1-banjar-terbaik-di-buleleng

SINGARAJA, NusaBali - Perpustakaan Griya Widya Swara SMPN 1 Banjar ditetapkan sebagai Juara I lomba perpustakaan tingkat SMP se-Buleleng yang dilaksanakan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Buleleng.

Pengembangan perpustakaan digital dan penataan pameran gerabah bersejarah dari Candi Budha Kalibukbuk menjadi nilai lebih dalam penjurian. 
 
Kepala SMPN 1 Banjar Siti Aminah menceritakan, dalam pengelolaan perpustakaan sekolah untuk meningkatkan literasi warga sekolahnya diterapkan beberapa inovasi. Pertama mengadaptasi era digitalisasi yang diterapkan dalam pengelolaan perpustakaan digital berbasis Google Site. 
 
“Langkah ini kami coba diterapkan di sekolah, untuk memungkinkan akses yang lebih mudah dan luas bagi para pengguna perpustakaan,” ucap Siti. 
 
Pustakawan SMPN 1 Banjar juga mencoba menambahkan display yang kreatif. Tidak hanya memajang koleksi buku-buku, tetapi juga diisi dengan display koleksi gerabah bersejarah dari Candi Budha di Desa Kalibukbuk, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Pajangan ini selain menambah sisi estetik perpustakaan, juga langsung memberikan pendidikan sejarah kepada seluruh pengunjung perpustakaan. 
 
Tidak hanya itu, SMPN 1 Banjar juga memiliki program Duta Literasi Berbagi. Siswa yang memiliki literasi yang baik dipilih menjadi duta. Mereka lalu mengimbas praktek baik berliterasi kepada sekolah TK dan SD terdekat di Desa Banjar. “Membangun budaya baca sejak dini tidak hanya kami lakukan di internal sekolah tetapi juga ke lingkungan sekitar untuk memperluas cakupan literasi,” imbuh dia. 
 
Keberhasilan pengelolaan perpustakaan sekolah tidak membuat SMPN 1 Banjar berpuas diri. Sebab juri saat penilaian masih memberikan sejumlah catatan untuk menjadi bahan perbaikan. Salah satunya menambah koleksi judul buku yang dinilai masih perlu ditambah. Penambahan kelengkapan penunjang perpustakaan digital berupa set komputer juga harus ditambahkan. 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah (DAPD) Kabupaten Buleleng Made Era Oktarini, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Buleleng menggelar lomba perpustakaan yang berlangsung dari tanggal 3 hingga 13 Juni 2024. Lomba ini diikuti oleh perwakilan dari setiap kecamatan dengan total 27 peserta yang terdiri dari perpustakaan tingkat SD, SMP, dan perpustakaan desa. Tujuannya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) di Buleleng. Selain juga meningkatkan pengelolaan perpustakaan sekolah dan desa.
 
Ada enam komponen kriteria yang dinilai dalam penjurian sesuai dengan standar yang ditetapkan Perpustakaan Nasional (Perpusnas). Keenamnya meliputi koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan, serta komponen penguatan kinerja. 
 
Sejauh ini dari 148 desa di Kabupaten Buleleng, hanya 35 desa yang sudah memiliki perpustakaan desa, dengan pengelolaan yang masih perlu ditingkatkan. Sedangkan di satuan pendidikan dari total 536 sekolah SD dan SMP, sebanyak 464 sekolah telah memiliki perpustakaan.
 
“Harapan kami melalui lomba-lomba seperti ini, minat baca masyarakat dapat meningkat, dimulai dari tingkat desa. Peningkatan minat baca ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM),” papar mantan Kabag Kesra Setda Buleleng ini. 
 
Sementara itu lomba perpustakaan di kategori SD Juara 1 diraih Perpustakaan Widya Sastra (SD Negeri 3 Gerokgak), Juara 2 Perpustakaan Widya Pataka (SD Negeri 1 Kaliasem), Juara 3 Perpustakaan Sastra Graha (SD Negeri 1 Banyuasri), dan Harapan 1 Perpustakaan Dharma Sastra (SD Negeri 4 Pakisan).
 
Lalu di kategori SMP Juara 1 diraih Perpustakaan Griya Widya Swara (SMP Negeri 1 Banjar), Juara 2 Perpustakaan SMP Negeri 1 Tejakula, Juara 3 Perpustakaan Diva Widya Sastra (SMP Negeri 5 Gerokgak), dan Harapan 1 Perpustakaan Widya Spentab (SMP Negeri Satap 2).
 
Lomba Perpustakaan Desa Juara 1 diraih Perpustakaan Werdi Aksara (Desa Sepang Kelod), Juara 2 Perpustakaan Manyar (Desa Umeanyar), Juara 3 Perpustakaan Bersinar (Desa Tampekan), dan Harapan 1 Perpustakaan Widya Pertiwi (Desa Penyabangan).*k23

Komentar