nusabali

Polres Bersih-bersih Pantai dan Lepas 150 Ekor Tukik

  • www.nusabali.com-polres-bersih-bersih-pantai-dan-lepas-150-ekor-tukik

NEGARA, NusaBali - Serangkaian menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara, Polres Jembrana mengadakan bakti sosial berupa bersih-bersih di Pantai Perancak, Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Jumat (28/6). Kegiatan dipusatkan di sekitar Kelompok Pelestari Penyu (KPP) Kurma Asih ini juga diisi pelepasan 150 ekor tukik.

Acara ini dihadiri langsung Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, Wakapolres Jembrana, Kompol I Made Katon, para perwira, brigadir, dan ASN Polres Jembrana. Total peserta dalam kegiatan ini mencapai sekitar 80 orang termasuk perwakilan masyarakat Desa Perancak. Pada kegiatan tersebut juga dibagikan sembako kepada warga yang membutuhkan.

Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bhayangkara ke-78. Serangkaian momentum ini, Polres Jembrana menggelar berbagai kegiatan sosial, termasuk kegiatan dalam bentuk kepedulian terhadap lingkungan." Kami dari kepolisian turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan dan kebersihan pantai, serta ekosistem di wilayah Jembrana," ujar AKBP Endang.

Foto: Bersih-bersih di pantai Perancak, Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Jembrana Jumat (28/6). -IST

AKBP Endang juga menambahkan bahwa panjangnya garis pantai di Kabupaten Jembrana dari Pekutatan hingga Gilimanuk, membutuhkan perhatian dan kepedulian bersama. Terlebih aktivitas di pantai juga sangat berperan dalam menggerakkan perekonomian masyarakat, terutama para nelayan. 

Di samping memperingati Hari Bhayangkara, AKBP Endang menyatakan, kegiatan ini juga sebagai upaya Polres Jembrana dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sadar lingkungan dan ikut serta dalam melestarikan alam. "Dengan adanya kegiatan seperti ini, kami berharap masyarakat dapat lebih peduli dan berperan aktif dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan sekitar," ucapnya. 

Selain kegiatan di Pantai Perancak, pada hari yang sama Polres Jembrana juga menggelar doa bersama lintas agama yang dilaksanakan di Aula Polres Jembrana. Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto, Dandim 1617/Jembrana Letkol Inf Mohamad Adriansyah, Bupati Jembrana yang diwakili Sekda Jembrana I Made Budiasa. 

Turut hadir para tokoh lintas agama di Jembrana dari Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Musyawarah Pelayanan Umat Kristen (MPUK), Perwakilan Umat Budha Indonesia (WALUBI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), Konghochu, Perwakilan Kristen Protestan serta diikuti oleh personil Polres Jembrana dan perwakilan personil Kodim 1617/Jembrana.

Foto: Doa bersama lintas agama di Aula Mapolres Jembrana, Jumat (28/6). -IST

Menurut AKBP Endang, kegiatan doa bersama lintas agama dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, ini sebagai wujud syukur dan nikmat sekaligus bentuk introspeksi Polri, khususnya Polres Jembrana. Dalam rangakaian peringatan Hari Bhayangkara tahun ini, Polres Jembrana turut mengelar bakti religi dengan melaksanakan bersih-bersih di sejumlah tempat ibadah. 

Sementara Sekda Jembrana I Made Budiasa saat membacakan sambutan Bupati Jembrana, mengajak seluruh pihak untuk selalu bersatu. Begitu juga memupuk toleransi antar umat beragama yang telah berjalan baik di Jembrana. 

"Mari bersama-sama kita senantiasa merawat dan menjaga persatuan dan kesatuan memupuk toleransi Kebhinekaan dan rasa persaudaraan kita antar umat beragama. Khususnya di Kabupaten Jembrana tercinta di bawah naungan NKRI dan dasar negara Pancasila," ujar Sekda Budiasa.7ode

Komentar