nusabali

Pelamar SMKN 1 Bangli Belum 50 Persen

  • www.nusabali.com-pelamar-smkn-1-bangli-belum-50-persen

BANGLI, NusaBali - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) tinggal sehari lagi.  Namun demikian pelamar SMKN 1 Bangli belum tembus 50 persen.

Kepala SMKN 1 Bangli I Nyoman Susila mengatakan untuk sementara calon siswa baru yang mendaftar baru 163 orang. 

Sedang kuota untuk sekolah ini 396 orang untuk 11 rombongan belajar (rombel). "Ini belum final, karena pendaftaran masih dibuka hingga tanggal 29 Juni," ungkapnya Jumat (28/6). 

Kata Nyoman Susila, pada PPDB 2024 animo lulusan SMP untuk masuk ke jurusan Bisnis Manajemen dan Teknologi terjadi penurunan. Sebaliknya, peningkatan terjadi untuk jurusan Pariwisata khususnya Perhotelan. 

"Tahun ini, kami membuka jurusan baru yakni Perhotelan. Sampai saat ini sudah ada 50 pendaftar," ujarnya.

Dia berharap lebih banyak lulusan SMP melanjutkan ke SMK. Sebab lulusan SMK lebih fleksibel. Tidak hanya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi, namun juga bisa langsung bekerja atau berwirausaha. 

Kata dia, proses pendaftaran PPDB ini sesuai petunjuk teknis dengan membentuk tim yang terdiri dari beberapa guru dan staf. "Tim ini langsung melakukan kunjungan ke rumah siswa untuk pendaftaran melalui jalur afirmasi," sebutnya. 

Siswa yang diterima melalui jalur afirmasi 52 orang. Dari jumlah tersebut tidak semua dikunjungi karena sudah memenuhi syarat. Seperti sudah melampirkan KIP (Kartu Indonesia Pintar), kartu pra sejahtera, serta melampirkan surat keterangan kematian orangtua bagi anak yatim maupun piatu. Hingga kini belum ada siswa yang mendaftar melalui jalur perpindahan orangtua. 

"Perpindahan orangtua dan anggota keluarga ini wajib setahun sebelum PPDB digelar," imbuhnya.7esa

Komentar