nusabali

Pesta Gol Lawan Bolivia, Uruguay ke Perempatfinal

  • www.nusabali.com-pesta-gol-lawan-bolivia-uruguay-ke-perempatfinal

NEW JERSEY, NusaBali - Timnas Uruguay lolos ke perempat final Copa Amerika 2024 usai pesta gol melawan Bolivia 5-0, dalam laga kedua Grup C di MetLife Stadium, New Jersey, Jumat (28/6) pagi WITA. Sedangkan Panama buka peluang lolos ke perempat final usai kalahkan AS 2-1.

Menghadapi Bolivia, Uruguay langsung menekan pertahanan lawan untuk menciptakan peluang mencetak gol dengan mengandalkan penyerang Liverpool Darwin Nunez. Meski demikian, gol pertama Urugay dicetak Fecundo Pellistri. Lalu empat gol selajutnya dicetak Nunez, Maximiliano Araujo, Federico Valvedre, dan Rodrigo Bentancur.

Kemenangan itu mengokohkan Uruguay sebagai pemimpin klasemen sementara Grup C dengan 6 poin, sekaligus memastikan lolos ke perempatfinal Copa Amerika 2024. Masih tersisa satu laga fase grup, yakni laga Uruguay vs tuan rumah Amerika Serikat (AS) pada 2 Juli.

Di pertandingan lainnya Grup C, Panama membuat kejutan dengan membungkam Amerika Serikat (AS) 2-1 di Mercedes-Benz Stadium, Atlanta, Georgia, Jumat pagi WIB.

Berperan sebagai tuan rumah, AS yang menginginkan kemenangan untuk memastikan tiket ke perempatfinal langsung meramu serangan sejak awal laga mengandalkan Christian Pulisic, Folarin Balogun, dan Thimothy Wea di lini depan.

Namun Panama berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 hingga laga usai serta mengantongi 3 poin. Kemenangan itu sekaligus membuka peluang Panama ke perempatfinal Copa Amerika, setelah pada laga sebelumnya kalah 1-3 dari Uruguay. 

Panama masih memiliki satu laga tersisa di fase grup melawan Bolivia yang terjadi pada 2 Juli. Sedangkan nasib AS melangkah ke babak selanjutnya akan ditentukan lewat hasil laga melawan Uruguay yang juga berlangsung pada 2 Juli.

Sedangkan jadwal Copa America pada hari Sabtu (29/6) ini, salah satunya adalah duel antara Paraguay vs Brasil. Turnamen edisi ke-48 kali ini berbeda dengan edisi sebelumnya, karena digelar di Amerika Serikat. Jumlah peserta juga bertambah jadi 16 negara.

Seperti biasa, 10 negara anggota Conmebol jadi peserta Copa America. Nah, pada edisi 2024 kali ini, ada enam negara anggota Concacaf yang ikut berlaga, yakni Kanada, AS, Meksiko, Kostarika, Jamaika, dan Panama.ant

Komentar