nusabali

Setan Merah Menantang Kutukan 43 Tahun

Duel Prancis vs Belgia, Tengah Malam Ini

  • www.nusabali.com-setan-merah-menantang-kutukan-43-tahun

Kami menyadari Les Bleus akan dilihat banyak orang sebagai tim yang lebih diunggulkan untuk menang daripada Belgia. Tapi kami siap tempur untuk pertandingan yang menantang itu.

DUSSELDORF, NusaBali
Menghadapi Prancis di babak 16 besar Euro 2024, Belgia seolah kembali menantang kutukan 43 tahun. Ya, The Red Devils, julukan Belgia, belum pernah menang sekalipun pada laga kompetitif atas Les Bleus sejak Kualifikasi Piala Dunia 1982.

Ya, Belgia kembali menantang Prancis, di Merkur Spiel-Arena (Dusseldorf Arena), Senin (1/7) tengah malam, pukul 24:00 WITA. Terakhir kali Belgia mengalahkan Prancis pada kualifikasi Piala Dunia 1982, September 1981, dengan skor 2-0. 

Namun, kemenangan terakhir Belgia atas Prancis terjadi pada 2015, bukan di laga kompetitif, tapi friendly match atau laga persahabatan. Di Euro 2024 kali, kedua tim  sama-sama tampil kurang menjanjikan di penyisihan grup. 

Les Bleus satu grup dengan Belanda, Polandia, dan Austria, hanya mencetak 2 gol dari 3 laga, lewat penalti dan gol bunuh diri pemain lawan. Belgia juga mencetak 2 gol dan kebobolan 1 gol, dan finis di bawah Rumania, tim nonunggulan di Grup F. Bahkan sempat tumbang 0-1 dari Slovakia di laga pembuka.

Hal itu membuat Prancis maupun Belgia akan berupaya memperbaiki penampilan di fase gugur. Namun, Les Bleus yang memiliki skuad lebih merata lebih diunggulkan memetik kemenangan.  

Duel kompetitif terakhir kedua tim terjadi di semifinal Piala Dunia 2018 yang dimenangi Prancis 1-0. Catatan itu pun membuat Les Blues lebih diunggulkan memetik kemenangan.

Namun gelandang Prancis Eduardo Camavinga menegaskan tim Belgia tidak akan mudah dikalahkan. Sebab The Red Devils memiliki pemain berkualitas yang dapat mengalahkan semua tim.

"Belgia tim papan atas dengan para pemain hebat. Di penyisihan grup mereka kurang maksimal, sama seperti kami. Tapi itu sudah berlalu, secara mental, mereka akan berbeda. Mereka tetap tim yang dapat membuat momen yang hebat kapan saja," kata Camavinga.

Sementara bintang Belgia Kevin De Bruyne menyadari Les Bleus akan dilihat banyak orang sebagai tim yang lebih diunggulkan untuk menang daripada Belgia. Tapi, kapten tim Manchester City itu siap tempur dan menantang Kylian Mbappe dan kawan-kawan.

"Kami siap, kami siap untuk pertandingan yang menantang itu. Ini hanya tentang lolos ke babak berikutnya. Inilah kami dan sekarang, lawan Prancis. Kami bisa lolos," kata De Bruyne. 

Sedangkan Pelatih Belgia Domenico Tedesco memilih menatap fase knockout daripada membahas babak penyisihan grup. Tedesco percaya semuanya masih mungkin untuk Belgia melaju lebih jauh di Euro 2024.

"Kami menghadapi tim papan atas, dan segalanya mungkin terjadi. Kami bisa mengeluarkan potensi kami sebenarnya. Ini laga yang selalu kami inginkan dan nantikan. Ini keajaiban Euro," kata Tedesco. *

Perkiraan Susunan Pemain 
Prancis (4-3-1-2): Mike Maignan; Jules Koundé, Dayot Upamecano, William Saliba, Theo Hernández; N'Golo Kanté, Aurélien Tchouaméni, Adrien Rabiot; Antoine Griezmann; Ousmane Dembélé, Kylian Mbappé. Pelatih: Didier Deschamps.
Belgia (4-2-3-1): Koen Casteels; Timothy Castagne, Wout Faes, Jan Vertonghen, Arthur Theate; Youri Tielemans, Amadou Onana; Dodi Lukebakio, Kevin De Bruyne, Jérémy Doku; Romelu Lukaku. Pelatih: Domenico Tedesco.

Lima Laga Terakhir 
08/10/21: Belgia vs Prancis 2-3
11/07/18: Prancis vs Belgia 1-0
08/06/15: Prancis vs Belgia 3-4
15/08/13: Belgia vs Prancis 0-0
16/11/11: Prancis vs Belgia 0-0

Komentar