nusabali

Komisi IV Minta Perusahaan Patuhi Peraturan Ketenagakerjaan

  • www.nusabali.com-komisi-iv-minta-perusahaan-patuhi-peraturan-ketenagakerjaan

Anggota juga menyoroti pentingnya pengawasan dan pemenuhan standar keselamatan kerja serta hak-hak pekerja.

GIANYAR, NusaBali
Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di bidang ketenagakerjaan, Senin (1/7). Monev menyasar RV Hotel Gianyar, Bali Masari Villas and Spa, dan PT Mitra Prodin. Kegiatan ini didampingi Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani. Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar, Ni Made Ratnadi, meminta setiap perusahaan  mematuhi peraturan ketenagakerjaan serta menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan.

Ratnadi mengatakan, Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan demi meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di wilayah Kabupaten Gianyar. Dia menyampaikan beberapa poin penting, menyatakan komitmen kuat untuk terus memperjuangkan hak-hak pekerja di Kabupaten Gianyar, termasuk peningkatan kesejahteraan, jaminan kesehatan, dan kondisi kerja yang layak. Komisi IV DPRD Gianyar juga menyoroti pentingnya pengawasan yang lebih ketat terhadap implementasi peraturan ketenagakerjaan oleh perusahaan. Termasuk pemenuhan standar keselamatan kerja dan hak-hak pekerja lainnya. 

“Kami tekankan pentingnya mekanisme penyelesaian masalah ketenagakerjaan yang efektif, termasuk penanganan sengketa antara pekerja dan pengusaha secara adil dan cepat,” ungkap Ratnadi. Dia mengajak semua pihak, termasuk instansi terkait, perusahaan, dan serikat pekerja, berkolaborasi menciptakan iklim ketenagakerjaan yang kondusif dan produktif. Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Gianyar, Ida Ayu Surya Adnyani, mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah penting untuk memastikan setiap perusahaan mematuhi peraturan ketenagakerjaan. “Kami sangat mendukung langkah Komisi IV DPRD Kabupaten Gianyar dalam melaksanakan fungsi pengawasannya,” ungkap Dayu Surya. 

Monev ini diharapkan dapat memberikan gambaran nyata mengenai kondisi ketenagakerjaan di lapangan. Membantu Disnaker mengambil langkah-langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja di Kabupaten Gianyar. Dayu Surya menambahkan, kegiatan ini bukan hanya bentuk pengawasan, tetapi sebagai upaya menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan harmonis bagi para pekerja di Kabupaten Gianyar. 7 nvi

Komentar