nusabali

Depak Meksiko, Ekuador Tantang Argentina

Sapu Bersih Grup B, Venezuela Hadapi Kanada di Perempatfinal

  • www.nusabali.com-depak-meksiko-ekuador-tantang-argentina

ARIZONA, NusaBali - Ekuador lolos ke perempat final Copa America 2024 usai imbang 0-0 kontra Meksiko, dalam laga terakhir Grup B di Glendale Arizona, Senin (1/7) pagi Wita. Hasil itu sekaligus mendepak tim Negeri Sombrero dengan perbedaan selisih gol.

Meksiko tersingkir dari turnamen setelah finis di posisi ketiga Grup B, kalah selisih gol dari Ekuador meski sama-sama mengumpulkan 4 poin. Namun Ekuador akan berhadapan dengan juara bertahan Argentina di perempat final, yang memuncaki klasemen Grup A dengan tiga kemenangan beruntun.

Wasit memberikan penalti kepada Meksiko pada menit 90+8, setelah bek Ekuador Felix Torres melanggar Guillermo Martinez di kotak penalti. Namun keputusan penalti dibatalkan setelah wasit meninjau ulang secara langsung video VAR di pinggir lapangan.

Tayangan ulang menunjukkan Torres menyentuh bola dalam upayanya menghadang Martinez yang membuat penalti tersebut dibatalkan. Dengan hasil itu, Ekuador melaju ke perempatfinal, dan Meksiko harus puas tersingkir dari turnamen.

Sementara itu, Venezuela akan menghadapi Kanada pada perempat final Copa America 2024, setelah mengalahkan Jamaika 3-0 dalam laga di Q2 Stadium Austin Texas, Senin WIB, sekaligus merebut puncak klasemen Grup B.

Venezuela sebelumnya memastikan tempat di delapan besar dengan kemenangan atas Ekuador dan Meksiko. Mereka hanya membutuhkan satu poin saat melawan Jamaika untuk memastikan posisi teratas fase grup dan menghindari juara bertahan Argentina di delapan besar.

Gol pertama Venezuela dicetak Eduard Bello dengan sundulan kuat pada menit ke-49, membawa tim Amerika Selatan tersebut unggul. Penyerang veteran Salomon Rondon menggandakan keunggulan Venezuela 2-0 pada menit ke-56. Eric Ramirez menambah gol ketiga pada menit ke-85 melalui serangan balik yang cepat usai menerima umpan Kervin Andrade.

Dengan kemenangan itu, Venezuela mempertahankan rekor tak terkalahkan dalam fase grup seperti yang juga dilakukan Argentina di Grup A dengan tiga kemenangan dari tiga laga. Upaya tersebut sekaligus memastikan Jamaika tersingkir dari kompetisi tak pernah meraih kemenangan di kompetisi ini. 

Venezuela akan berhadapan dengan runner-up Grup A Kanada dalam Sabtu (6/7) di Arlington Texas, untuk memperebutkan tiket semi final. ant

Komentar