nusabali

Uruguay Lolos Dramatis ke Delapan Besar

Singkirkan Tuan Rumah Amerika Serikat di Copa America 2024

  • www.nusabali.com-uruguay-lolos-dramatis-ke-delapan-besar

Pertandingan berlangsung sengit dan keras, sehingga banyak terjadi pelanggaran dari awal babak pertama.

KANSAS City, NusaBali
Uruguay menghentikan langkah Amerika Serikat (AS) dan melaju ke delapan besar Copa America 2024. Uruguay menang tipis dari tuan rumah pada laga terakhir Grup C di Stadion Arrowhead, Kansas City, Selasa (2/7) pagi.

Gol tunggal Uruguay dicetak bek kiri, Mathias Olivera, melalui sepakan pelan hasil dari bola muntah tandukan Manuel Ugarte pada menit ke-66.

Pertandingan berlangsung sengit dan keras, sehingga banyak terjadi pelanggaran dari awal babak pertama. Pada 10 menit awal, kedua tim bermain terbuka dan saling serang.

Kartu kuning pertama lahir dari Tyler Adams yang melanggar Araujo pada menit ke-16. Saking kerasnya, pada menit ke-27 Maximiliano Araujo terpaksa diganti oleh Christian Olivera.

Selang semenit, giliran Balogun yang berbenturan dengan kiper Uruguay saat mencoba menyepak bola hasil serangan balik. Tak lama kemudian, kartu kuning kembali dikeluarkan wasit, Kevin Ortega, asal Peru. Selanjutnya, pemain tuan rumah, Chris Richards, menekel pemain Uruguay. Lalu, menit ke-36, Ronald Araujo turut menjadi korban karena terkena sikut sekaligus tertimpa badan pemain AS.

Selama babak pertama, percobaan on target keduanya hanya tercatat satu kali, sedangkan pelanggaran enam kali untuk AS dan delapan untuk Valverde dkk.

Tidak ada serangan yang mengancam gawang dari kedua tim. Justru yang terjadi adalah pelanggaran terus-menerus.

Merespons fakta itu, Gregg Berhalter mengganti Folarin Balogun dengan penyerang tengah, Ricardo Pepi, pada menit ke-40. Perubahan sedikit terjadi, penyerangan AS terlihat efektif. Pulisic melalui skema serangan cepat mencoba melepas umpan ke Pepi, tetapi aliran bola berhasil dipotong oleh Rochet.

Skor pun tidak berubah alias 0-0 hingga turun minum. Pada babak kedua, permainan tetap terbuka dan kedua tim saling membombardir pertahanan lawan.

Menit ke-52, pemain Real Madrid, Valverde, melakukan cannon ball dari luar kotak penalti. Sayang, bola sepakannya melenceng jauh di sisi kanan gawang AS yang dikawal Matt Turner.

Setelah saling serang, akhirnya pertandingan berbuah gol pada menit ke-66 oleh Olivera. Bek sayap itu memanfaatkan bola liar hasil muntahan bola yang ditanduk Ugarte.

Tempo permainan semakin tinggi. Uruguay semakin gencar ingin menggandakan keunggulan. Nunez dan Ugarte diganti dengan striker lawas, Luis Suarez dan Sebastian Caceres. Namun, gol kedua tak kunjung datang. Skor akhir pertandingan tetap 1-0 untuk kemenangan Uruguay. La Celeste pun berhak ke delapan besar Copa America. 2024. 7 ant

Komentar