nusabali

Kasespim Lemdiklat Polri Gelar Pameran Tunggal di Ubud

Taksu 'Bahagia Sehat Jiwa Raga' Irjen Chryshnanda

  • www.nusabali.com-kasespim-lemdiklat-polri-gelar-pameran-tunggal-di-ubud

GIANYAR, NusaBali - Kasespim (Kepala Sekolah Kepemimpinan) Lemdiklat Polri, Irjen Pol Prof Dr Chryshnanda Dwilaksana MSi gelar pameran tunggal di Museum Arma Ubud, Gianyar. Merupakan karya jiwa, dan refleksi jiwa seorang Jenderal Polisi Bintang dua, Chryshnanda Dwilaksana.

Pameran dengan tema Taksu 'Bahagia Sehat Jiwa Raga' ini digelar mulai, Rabu (3/7) hingga 14 Juli 2024. Pembukaan pameran tunggal dihadiri Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya beserta jajaran, Pj Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa, Sekda Kabupaten Gianyar I Dewa Alit Mudiarta beserta jajaran, Panglingsir Puri Ubud, serta undangan terkait. Dimeriahkan penampilan Tari Barong Ket Sekaa Barong Guna Widya Suara Banjar Puaya, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati Duta Kabupaten Gianyar yang meraih Juara I Lomba Bapang Barong PKB Tahun 2023. 

Pameran tunggal Taksu ini akan menjadi catatan penting di kancah dunia kesenian Indonesia bahwa seorang perwira juga seniman adalah insan yang memiliki imajinasi kreatif yang sangat sibuk di dalam jiwanya. Di tengah kesibukan sebagai abdi negara, juga aktif di berbagai komunitas-komunitas seni di Jakarta dan sekitarnya, seperti Jogjakarta, Bandung, kali ini meluas ke Bali. Energi Taksu melimpah yang luar biasa.

Karya yang ditampilkan dalam pameran ini sebanyak 135 lukisan dengan berbagai ukuran yang terdiri dari 45 lukisan konvensional dan 90 lukisan kecil sebagai katartik Cuilian Jiwa. Keyakinan yang begitu tinggi untuk menanam dan menyemai di kanvas-kanvas jiwanya menjadikan kutub, magnet yang kuat, untuk menarik positivitas hidup dan menghidupi. Alam semesta beresonansi pada setiap pemikiran-pemikirannya. Dunia yang luas berada pada bentangan kanvas kosongnya, Cryshnanda Dwilaksana memahami bahwa seni adalah media bagaimana cara berpikir bukan cara melukis. Sehingga kemerdekaan dalam melepaskan ide dan gagasan pada kanvasnya menggelontor saja tanpa ada kompromi atau permisi pada teori. 

Irjen Prof Chryshnanda Dwilaksana salah satu jenderal penerima penghargaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Bhayangkara. Ia menerima 2 rekor MURI HUT Bhayangkara. Penghargaan diterima Irjen Prof Chryshnanda Dwilaksana karena mencetuskan model-model pemolisian dan alternatif pemolisian-pemolisian. Bahkan Irjen Prof Chryshnanda Dwilaksana telah menghasilkan produk Literasi Digital sebanyak 15.058 dalam kurun waktu 7 bulan selama masa pendidikan.

Irjen Prof Chryshnanda Dwilaksana merupakan lulusan Akpol 1987. Ia diamanahkan mengemban jabatan sebagai Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidkan dan Pelatihan (Kasespim Lemdiklat) Polri. Jenderal bergelar profesor ini sudah menduduki posisi sebagai Kasespim Lemdiklat Polri sejak Desember 2022.

Sepanjang kariernya, Irjen Chryshnanda Dwilaksana juga pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya. Sebelumnya, Irjen Chryshnanda pernah menggelar pameran tunggal karya seni yang bertajuk Sayap Patah di Bandung, Jawa Barat, pada September 2023. Irjen Pol Prof Dr Chryshnanda Dwilaksana Msi mengatakan suatu karya seni tidak sekadar memindahkan karya ke dalam kanvas, namun seni adalah dialog antara si pencipta dengan penikmatnya. "Memang berkarya saya bukan tiba tiba. Prosesnya panjang, saya sejak kecil cita-cita jadi seniman," ujarnya. 7 nvi

Komentar