nusabali

Tanpa Vinicius Jr, Brasil Tantang Uruguay di Perempatfinal

  • www.nusabali.com-tanpa-vinicius-jr-brasil-tantang-uruguay-di-perempatfinal

CALIFORNIA, NusaBali - Kolombia dan Brasil lolos ke babak perempatfinal Copa America 2024, setelah kedua tim bermain imbang 1-1, dalam laga terakhir Grup D di Levi's Stadium Santa Clara California, Rabu (3/7) Wita.

Hasil itu memastikan Kolombia lolos sebagai juara Grup D dengan dua kali menang dan sekali kalah. Sedangkan Brasil runner up grup D dengan 5 poin dari satu menang dan dua seri. Kolombia akan melawan runner-up Grup C, Panama, di Glendale, Arizona, Minggu (7/7).

Namun Brasil  di jalur yang sulit untuk mencapai gelar juara Copa America 2024 ini. Tim asuhan pelatih Dorival Junior ini sebagai runner-up Grup D, akan menghadapi Uruguay di babak delapan besar. 

Duel itu jelas sangat menarik, apalagi Uruguay juga tampil luar biasa di di fase grup. Uruguay selalu menang di fase grup, meraih 9 poin dari tiga laga. Darwin Nunez dkk jadi tim paling produktif dengan sembilan gol.

Menghadapi Uruguay, Brasil harus membayar mahal tiket perempat final dengan kehilangan pemain bintang Real Madrid, Vinicius Jr.  Vinicius dipastikan absen pada laga melawan Uruguay, setelah menerima kartu kuning kedua dalam turnamen ini karena pelanggaran terhadap James Rodriguez pada awal pertandingan.

Pemenang duel Uruguay dan Brasil, akan berjumpa pemenang laga Kolombia dan Panama di semifinal. Lagi-lagi, ada potensi laga sulit karena Kolombia tampil sangat solid di Copa America 2024.

Sedangkan Argentina yang menjadi juara Grup A, pada babak 8 besar, akan bertemu Ekuador. Di atas kertas, walau cukup sulit, laga ini bisa dimenangkan Argentina. Jika mampu lolos ke semifinal, lawan yang akan dihadapi Argentina adalah pemenang duel antara Venezuela dan Kanada. Di atas kertas, laga ini harusnya dimenangkan Argentina.

Dalam lawan Brasil, Kolombia memulai laga dengan bermain lebih baik, namun Brasil lebih dulu mencetak gol pada menit ke-12. Raphinha mencetak gol indah melalui tendangan bebas membuat kedudukan menjadi 1-0.

Kolombia melakukan ancaman lebih banyak dibandingkan Brasil dengan mencatat 13 tembakan dengan 6 di antaranya tepat sasaran. Mereka terus memberikan ancaman dengan Rodriguez melepaskan tendangan voli yang melambung di atas mistar gawang pada menit ke-16.

James Rodriguez yang sejak awal kompetisi selalu menjadi kreator gol-gol Kolombia menyangka telah memberikan assist untuk gol penyama kedudukan dari Davinson Sanchez pada menit ke-19, namun gol tersebut dianulir karena offside setelah peninjauan VAR.

Ketegangan meningkat di medio babak pertama, dengan wasit Jesus Valenzuela dari Venezuela mengeluarkan tiga kartu kuning dalam waktu singkat untuk Deiver Machado dan Jefferson Lerma dari Kolombia serta Joao Gomes dari Brasil.

Sedangkan laga lainnya GrupD, Kosta Rika menang 2-1 atas Paraguay di Q2 Stadium Austin Texas, Rabu WITA. Hasil tersebut tidak cukup untuk membawa Kosta Rika ke perempatfinal setelah finis di posisi ketiga dengan empat poin.

Kosta Rika harus pulang dengan mengumpulkan empat poin di peringkat tiga grup lewat catatan satu menang, satu imbang, dan satu kalah. Sedangkan Paraguay tersingkir setelah tidak pernah memetik kemenangan dalam kompetisi. ant

Komentar