nusabali

Kadek Richo Raih Perunggu UAG

  • www.nusabali.com-kadek-richo-raih-perunggu-uag

JAKARTA, NusaBali - Pesilat nasional asal Bali Kadek Richo Dwi Paracara hanya meraih medali perunggu kelas F laga pada ASEAN University Games (AUG) 2024. Kadek Rico kalah dari pesilat Thailand, Aekarat dalam laga semifinal, di Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Selasa malam (2/7).

"Saya sampai semifinal sehingga mendapatkan medali perunggu. Saya kalah dari pesilat Thailand, Aekarat. Di final, pesilat Thailand akan bertemu pesilat Singapura," ujar Kadek Richo, Rabu (3/7).

Kadek Richo mengatakan, dia kalah karena atlet dari Negeri Gajah Putih itu bermain keras. Saat Kadek Richo blocking, Aekarat tetap melakukan tendangan keras berkali-kali. Alhasil, tendangannya berbuah point dan memenangkan pertandingan. Hal itu jadi pelajaran bagi Kadek Richo untuk terus rajin berlatih. 

"Sehingga nanti, saya terbiasa saat berhadapan dengan lawan yang keras seperti atlet Thailand ini," kata mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Warmadewa ini.

Soal raihan perunggu, kata Kadek Richo, hasil itu sudah cukup lumayan. Pasalnya, dia baru pertama kali turun di ajang internasional. Dia juga baru pertama kali ikut di AUG, tetapi meraih perunggu. Sedangkan lawannya, bukan orang baru di AUG. Dia peraih medali emas AUG 2022 Thailand. 

"Kala itu, dia mendapatkan medali emas setelah mengalahkan pesilat Indonesia. Jadi, dia adalah juara bertahan di AUG. Sedangkan saya, baru pertama kali main," terang Kadek Richo.

Usai bertanding, Kadek Richo tetap di Malang untuk memberikan support kepada pesilat Indonesia lainnya. Sebab, cabang olahraga pencak silat bertanding pada 2-6 Juli 2024. "Semoga pesilat Indonesia lainnya mendapatkan hasil terbaik," tegas Kadek Richo. k22

Komentar