nusabali

BPBD Karangasem Tangani 3 Pohon Tumbang

  • www.nusabali.com-bpbd-karangasem-tangani-3-pohon-tumbang

AMLAPURA, NusaBali - BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Karangasem menangani tiga pohon tumbang, salah satunya menimpa sepeda motor. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD I Nyoman Soko Wijaya yang mengoordinasikan anggotanya tersebar di tiga lokasi, salah satu lokasi pohon tumbang di Banjar Bugbug Kaleran, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem, Kamis (4/7).

Dua pohon akasia tumbang ada di Banjar Bugbug Kaleran sebenarnya terjadi Rabu (3/7) pukul 15.00 Wita. Pohon ini menutupi akses jalan kabupaten dan menimpa kabel listrik.

Kelian Banjar Bugbug Kaleran I Nengah Sujana yang melaporkan kasus itu, Kamis (4/7) pukul 07.44 Wita. Atas dasar laporan itu, petugas BPBD mendatangi lokasi kejadian dengan anggotanya, I Nengah Dwiarta, I Gusti Putu Telaga, I Made Ngurah Dudiartha dan I Made Sudira. Mengingat pohon akasia menimpa kabel listrik, maka petugas BPBD terlebih dahulu berkoordinasi dengan petugas PT PLN Amlapura, agar aliran listrik dimatikan untuk sementara karena masih membahayakan.

Setelah aliran listrik mati, petugas baru memulai bekerja, memotong batang pohon akasia dengan diameter 30 cm, panjang 20 meter. "Memang setiap ada pohon tumbang yang menimpa kabel listrik, selalu berkoordinasi dengan petugas PT PLN, untuk mematikan aliran listriknya, Setelah dinyatakan aman, barulah petugas BPBD berani bekerja," jelas I Nyoman Soko Wijaya.

Kata dia, jangan sampai aliran listrik masih mengalir di batang pohon. Petugas BBD yang melakukan penanganan tentu sangat hati-hati. Warga masyarakat juga agar berhati-hati melakukan penanganan secara mandiri saat mengetahui ada pohon tumbang. Jika mengetahui pohon menimpa kabel listrik sebaiknya menunggu petugas datang.

Sedangkan pohon tumbang jenis santen, panjang 21 meter, dan diameter 35 cm, tumbang di Banjar Perasi Kelod, Desa Pertima, Kecamatan Karangasem yang dilaporkan Kelian Banjar Perasi Kelod I Gede Yadnya.

Pohon santen yang tumbang juga menimpa kabel listrik, sehingga petugas BPBD yang datang kembali berkoordinasi dengan petugas PT PLN. Selanjutnya setelah dipastikan aliran listrik telah mati, penanganan berlanjut.

Sedangkan pohon tumbang yang terjadi di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, menimpa sepeda motor yang diparkir di garase milik I Komang Resip dan bangunan dapur, hanya menimbulkan kerusakan ringan. Pohon asem yang tumbang dengan panjang 18 meter dan diameter 40 cm, ditangani petugas BPBD di bawah koordinasi lapangan I Wayan Subadra, ada dibantu Koramil dan Polsek Karangasem, yang hadir di lapangan.7k16

Komentar