nusabali

PPDB Tingkat SMA/SMK Jalur Prestasi di Bangli, Sekolah Teliti Keaslian Piagam Siswa

  • www.nusabali.com-ppdb-tingkat-smasmk-jalur-prestasi-di-bangli-sekolah-teliti-keaslian-piagam-siswa

Penyelenggara lomba yang menghasilkan piagam pretasi baik tingkat provinsi dan nasional, rata-rata sudah ada barcode. Dengan itu bisa dicek langsung kebenaran penyelenggaraan lomba dimaksud.

BANGLI, NusaBali 
Proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) tingkat SMA/SMK sudah berlangsung. Pihak sekolah di Bangli telah memastikan tidak ada temuan piagam/dokumen palsu dalam PPDB jalur prestasi. 

Seperti halnya di SMAN 1 Bangli dan SMKN 1 Bangli. Sesuai Keputusan Gubernur Bali tentang Petunjuk Teknis PPDB. PPDB jalur zonasi 50 persen, jalur prestasi 30 persen, jalur afirmasi 15 persen, dan jalur perpindahan orangtua 5 persen.
 
Kepala SMKN 1 Bangli I Nyoman Susila mengatakan PPDB dibuka melalui jalur prestasi terbagi dua, yakni 20 persen untuk jalur sertifikat prestasi dan 10 persen untuk jalur ranking nilai raport. Untuk memastikan keabsahan piagam/sertifikat calon siswa melampirkan daftar kepesertaan saat lomba, dilakukan penyesuaian dengan katagori. Pihaknya memastikan tidak ada dokumen palsu.

Diakui, dari kuota yang ada tidak penuh terisi. "Jumlah yang daftar masih kurang dari kuota," ungkapnya, Kamis (4/7). Kepala Sekolah asal Desa Jehem, Kecamatan Tembuku, Bangli, ini mengatakan saat ini ada penurun jumlah siswa yang mendaftar. Karena mulai berkurangnya calon siswa mengambil jurusan bisnis dan manajemen. Namun untuk jurusan baru yang dibuka yakni perhotelan ramai peminat. 

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Bangli Komang Juliarta Danendra mengatakan untuk PPDB kali ini, kuota jalur prestasi 49 siswa. Untuk pemeriksaan dokumen pelamar, calon siswa wajib melampirkan scan piagam asli dan keterangan pihak penyelenggara terkait jumlah peserta. "Kalau tingkat kecamatan berapa, kalau tingkat kabupaten begitu juga untuk kejuaraan provinsi, dan seterusnya," sebutnya. 

Dikatakan, penyelenggara lomba yang menghasilkan piagam pretasi baik tingkat provinsi dan nasional, rata-rata sudah ada barcode. Dengan itu bisa dicek langsung kebenaran penyelenggaraan lomba dimaksud.7esa

Komentar