nusabali

Timnas U-16 Ingin TC di Luar Negeri

Australia Juara Piala AFF-16, Gholy PemainTerbaik

  • www.nusabali.com-timnas-u-16-ingin-tc-di-luar-negeri

SOLO, NusaBali - Timnas Indonesia U-16 ingin menggelar pemusatan latihan di luar negeri dan uji coba internasional sebelum berkancah di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. "Untuk persiapan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025, roadmap sudah kami berikan ke PSSI," ujar pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto.

Timnas U-16 menyudahi Piala AFF U-16 2024di peringkat ketiga, usai mengalahkan Vietnam 5-0, di Stadion Manahan, Solo, Rabu.

"Dalam waktu dekat ini, kami akan memantau beberapa pemain lagi. Kami akan melihat apakah ada para pemain yang lepas dari pantauan kami dan bisa gabung Timnas U-16," jelas Nova.

Indonesia akan berkiprah di Kualifikasi Piala Asia U-17 2025 pada akhir Oktober 2024 ini. Indonesia diharapkan meraih satu tempat di putaran final di Arab Saudi pada April 2025. Indonesia U-16 masuk Grup G bersama Kuwait, Australia, dan Kepulauan Mariana Utara. Indonesia bersaing menjadi delapan negara terbaik di Piala Asia U-17 2025 yang berhak melangkah ke Piala Dunia U-17 2025 Qatar. 

"Roadmap kami juga sama, kami merencanakan training camp di luar negeri termasuk kami juga meminta uji coba internasional. Ini agar pemain Indonesia makin terasah kemmpuan dan pengalaman," imbuh Nova.

Nova Arianto juga mengingatkan para pemainnya untuk tidak berpuas diri hanya karena Piala AFF U-16 2024 telah berakhir. Setelah melibas Vietnam, para pemain Indonesia merayakannya dengan memutari lapangan Stadion Manahan bersama suporter.

"Saya ingin berpesan, saya meminta agar euforianya tidak terlalu berlebihan karena sekali lagi, tujuan ke depannya timnas senior," ujar Nova.

Sementara itu, Australia jadi juara Piala AFF U-16 2024 yang berakhir di Solo, Jateng, dengan mengalahkan Thailand lewat adu penalti 9-8 (1-1), Rabu (3/7) malam WITA.

Sedangkan winger Indonesia, Muhammad Zahaby Gholy, mendapat gelar sebagai pemain terbauk. Gholy sukses mencetak dua gol Indonesia saat menggasak Vietnam 5-0. Gholy mengaku dapat banyak pelajaran berharga dari pengalaman ini.

“Alhamdulillah, saya mendapatkan pelajaran berharga karena bisa bermain untuk Timnas Indonesia U-16 hingga meraih peringkat ketiga di Piala AFF U-16 2024,” kata Gholy. ant

Komentar