nusabali

10 Siswa SD Wakili Karangasem di Festival Tunas Bahasa Ibu Bali

  • www.nusabali.com-10-siswa-sd-wakili-karangasem-di-festival-tunas-bahasa-ibu-bali

AMLAPURA, NusaBali - Sepuluh siswa SD (Sekolah Dasar) terbaik mewakili Kabupaten Karangasem dalam FTBI (Festival Tunas Bahasa Ibu) Provinsi Bali. Sepuluh anak ini hasil seleksi FTBI tingkat Kabupaten Karangasem.

"Nanti, FTBI Provinsi Bali, dilaksanakan November 2024, tanggal pelaksanaannya menyusul," jelas Kepala Bidang Pendidik Tenaga Kependidikan dan Kurikulum Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Nyoman Parnawa, didampingi Kasi Kurikulum Ni Wayan Tantri, di ruang kerjanya, Jumat (5/7).

Lanjut Gusti Parnawa dari lima nomor putra dan putri yang dilombakan, hanya meloloskan satu siswa tiap nomor, sehingga total yang lolos lima putra dan lima putri. "Nanti sepuluh siswa yang lolos mewakili Karangasem kembali menjalani pembinaan," jelasnya.

Di bagian putra, lima siswa yang lolos, sebagai juara saat seleksi di FTBI Tingkat Kabupaten Karangasem, I Nengah Gana Wikantara nomor lomba matembang Sekar Alit dari SDN 3 Kertha Mandala, Kecamatan Abang, I Ketut Wanres Widyanantha nomor nyurat aksara Bali di kertas dari SDN 4 Subagan, Kecamatan Karangasem, I Wayan Aditya Arya Tresna nomor ngripta lan ngwacen puisi bahasa Bali dari SDN 7 Bugbug, Kecamatan Karangasem, I Ketut Wiranatha nomor ngripta cerpen berbahasa Bali dari SDN 2 Duda Timur, Kecamatan Selat, dan I Kadek Arda Wahyu Dyatmika nomor bebanyolan (lawak), dari SDN 1 Duda Utara, Kecamatan Selat. 

Sedangkan lima nomor putri yang mewakili, Ni Putu Eka Sugiantari nomor matembang sekar alit dari SDN 2 Peringsari, Kecamatan Selat, Ida Ayu Made Isana Isti nomor nyurat aksara Bali di kertas dari SDN 1 Jungutan, Kecamatan Bebandem, Luh Putu Reiza Adri Maheswari nomor ngripta lan ngwacen puisi Bali dari SDN 6 Karangasem, Ni Kadek Sri Arianti nomor ngripta cerpen berbahasa Bali dari SDN 5 Jungutan, Kecamatan Bebandem dan Ni Putu Sinta Pradnyani Yanti nomor bebanyolan dari SDN 5 Jungutan, Kecamatan Bebandem.

Disdikpora Karangasem katanya juga menyelenggarakan lomba literasi dan numerasi, hanya saja, nomor itu tidak terkait FTBI, hanya bersifat internal. Sehingga para pemenangnya tidak ada kelanjutan lomba di tingkat Provinsi Bali.

I Ketut Wanres Widyanantha, siswa kelas V yang juara nyurat aksara Bali, menurut Kasek SDN 4 Subagan Ni Wayan Sri Widyantari, baru kali ini ikut lomba di tingkat kabupaten. "Awalnya juara nyurat aksara Bali Tingkat Kelurahan Subagan, menyusul juara tingkat Kecamatan Karangasem, makanya dikirim ke FTBI Karangasem, dan berhak sebagai wakil Karangasem,"  jelas Sri Widiantari.

Selama ini I Ketut Wanres Widyanantha, di bawah guru pembina Ni Nengah Arsini. Saingannya saat lomba, Ida Bagus Nyoman Griye Acintya Putra sebagai juara II dari SDN 1 Jungutan, Kecamatan Bebandem, dan Putu Cahya Wilyadi sebagai juara III dari SDN 3 Muncan, Kecamatan Selat.

Kasek SDN 7 Bugbug I Ketut Sandiyasa mengaku telah siap mengikuti FTBI Provinsi Bali, setelah meloloskan siswa kelas VI I Wayan Aditya Arya Tresna nomor ngwacen puisi Bali. "Saya sendiri langsung membina, secara teknis sudah siap berlomba," kata Sandiyasa.7k16

Komentar