nusabali

Uruguay Singkirkan Brasil Lewat Drama Adu Penalti di Copa América

  • www.nusabali.com-uruguay-singkirkan-brasil-lewat-drama-adu-penalti-di-copa-america

LAS VEGAS, NusaBali.com - Uruguay memastikan langkah mereka ke semifinal Copa América 2024 usai mengalahkan Brasil lewat adu penalti dengan skor 4-2, setelah bermain imbang 0-0 selama waktu normal dan babak tambahan, Sabtu (6/7/2024) atau Minggu siang waktu Indonesia. Di semifinal, Uruguay akan berhadapan dengan Kolombia yang di laga lainnya menggulung Panama 5-0.

Tampil di hadapan 55.770 penonton yang memadati Allegiant Stadium, Las Vegas, Nevada, AS, penjaga gawang Uruguay, Sergio Rochet, menjadi pahlawan kemenangan timnya usai menepis tendangan penalti pertama Brasil yang diambil oleh Éder Militão. Keunggulan Uruguay semakin mantap setelah algojo mereka, Douglas Luiz, gagal mengeksekusi penalti dengan bola yang mengenai tiang gawang.

Meski kiper Alisson Becker berhasil menepis tendangan penalti José María Giménez dan gol Gabriel Martinelli sempat membuat Brasil berharap, algojo terakhir Uruguay, Manuel Ugarte, sukses menceploskan bola ke gawang Brasil dan memastikan kemenangan timnya.

Pertandingan yang Ketat dan Penuh Pelanggaran

Absennya Vinícius Júnior akibat akumulasi kartu membuat Brasil kesulitan menciptakan peluang berbahaya. Kehilangan pemain semakin berat bagi Brasil setelah Nahitan Nández dari Uruguay diganjar kartu merah di akhir babak kedua.

Total 41 pelanggaran tercatat sepanjang pertandingan, menandakan betapa alotnya laga ini. Pemain dari kedua kesebelasan terlibat dalam duel-duel fisik di seluruh lapangan.

Brasil Frustasi dengan Uruguay yang Bertahan Ketat

Penyerang muda Brasil berusia 17 tahun, Endrick, menjadi bulan-bulanan pemain Uruguay yang menerapkan strategi pressing ketat dan tak memberinya ruang gerak.

Suasana memanas ketika Raphinha dari Brasil tidak terima Endrick yang dilanggar oleh Ronald Araújo. Kapten Uruguay tersebut kemudian mendorong Raphinha sebagai balasan. Insiden ini memicu peringatan dari wasit.

Cedera yang dialami Araújo di pertengahan babak pertama memaksa sang pemain ditarik keluar lapangan. Beberapa saat kemudian, peluang emas tercipta lewat sundulan Darwin Núñez dari Uruguay yang masih melebar tipis.

Peluang emas Brasil baru didapat melalui serangan balik yang diakhiri tembakan Raphinha, namun bola berhasil diblok oleh kiper Rochet.

Uruguay yang kesulitan menembus pertahanan Brasil, akhirnya harus bermain dengan 10 pemain setelah Nández diusir keluar lapangan akibat pelanggaran keras terhadap Rodrygo yang terlihat dari tayangan VAR.

Brasil yang unggul jumlah pemain gagal memanfaatkan situasi ini. Uruguay yang bermain bertahan total sukses mengamankan gawangnya hingga pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti.

Kemenangan Beruntun Uruguay atas Brasil

Kekalahan ini membuat Brasil semakin terpuruk usai absennya Neymar yang mengalami cedera lutut sejak musim gugur lalu. Ini merupakan kekalahan kedua Brasil secara beruntun dari Uruguay setelah sebelumnya mereka takluk di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kemenangan ini menorehkan sejarah bagi Uruguay di bawah pelatih legendaris, Marcelo Bielsa. Ini adalah kali pertama Uruguay bisa mengalahkan Brasil dalam dua pertandingan beruntun sejak tahun 1992.



Komentar