nusabali

75 Peserta Ikuti Upacara Metatah Massal

  • www.nusabali.com-75-peserta-ikuti-upacara-metatah-massal
  • www.nusabali.com-75-peserta-ikuti-upacara-metatah-massal

DENPASAR, NusaBali.com - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Gede Ngurah Ambara Putra menginisiasi upacara metatah massal gratis.

Upacara yang dilangsungkan di Dojo Dirgahayu Jalan Tulip Denpasar, Sabtu (6/7/2024),  diikuti oleh 75 remaja dan merupakan bagian dari rangkaian upacara Pitra Yadnya Atma Wedana ibunda dari Ngurah Ambara.

Ngurah Ambara menjelaskan bahwa tujuan utama dari upacara metatah massal ini adalah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam melaksanakan ritual metatah bagi anak-anak mereka. Metatah merupakan tradisi budaya Bali yang penting untuk menandakan kedewasaan seseorang.

"Kegiatan ini untuk membantu masyarakat yang tidak mampu untuk melakukan kegiatan mamukur atau metatah massal," jelas Ngurah Ambara.

Upacara metatah massal ini disambut dengan antusias t. Sebanyak 75 remaja mengikuti rangkaian upacara yang dipimpin oleh pemuka agama Hindu.

Ngurah Ambara juga menyampaikan apresiasinya kepada Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara, yang telah berkenan hadir di tengah kesibukannya untuk mendukung acara ini.

Metatah merupakan salah satu ritual penting dalam budaya Bali yang menandakan kedewasaan seseorang. Ritual ini biasanya dilakukan pada usia 6 tahun untuk anak laki-laki dan 12 tahun untuk anak perempuan.

Dalam upacara metatah, enam gigi seri bagian atas diasah dan dibentuk. Filosofi di balik ritual ini adalah untuk menghilangkan sifat-sifat negatif seperti nafsu, serakah, marah, mabuk, iri hati, dan kebingungan.

Upacara metatah massal yang digagas oleh Ngurah Ambara ini merupakan wujud kepedulian terhadap budaya Bali dan komitmennya untuk membantu masyarakat.

Komentar