nusabali

Sport Tourism Diharapkan Berlanjut

Culture Run Bank BPD Bali

  • www.nusabali.com-sport-tourism-diharapkan-berlanjut

Culture run bertujuan untuk meningkatkan sport tourism, memperkenalkan jalur lingkar selatan, dan serangkaian HUT ke-62 Bank BPD Bali.

DENPASAR, NusaBali
PT Bank Pembangunan Daerah Bali (PT Bank BPD) menggelar event Cultural Run Bank BPD Bali, Minggu (7/7), di Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Badung. Event tersebut diikuti 2.500 peserta. Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya yang membuka acara tersebut berharap kegiatan ini menjadi salah satu program berkelanjutan yang dilaksanakan di tahun-tahun berikutnya. 

“Kegiatan sport tourism seperti ini saya harapkan menjadi kalender tetap event pariwisata Bali, sehingga mampu menggugah wisatawan untuk datang dan mengenal Bali lebih kuat dan mendalam lagi,” tegasnya.

Mahendra Jaya berharap event seperti culture run bisa berlanjut di tahun berikutnya dengan jumlah peserta yang lebih banyak. “Tahun depan bisa dilaksanakan, animonya luar biasa. Mungkin (pesertanya) bisa 10.000 orang, saya harapkan seperti itu,” ucapnya.

“Selamat buat para runners dan tentunya terima kasih kepada Bank BPD Bali dan para sponsor terkait,” imbuh Mahendra Jaya.

Selain diwarnai panorama pantai dan tebing yang eksotis, udara segar pagi di pesisir Pantai Pandawa menambah semangat para peserta lari yang terdiri dari dua kategori yakni 5 kilometer dan 10 kilometer.

Mahendra Jaya mengungkapkan kegembiraannya selama mengikuti event Culture Run Bank BPD Bali, yang memadukan olahraga (sport) dan budaya (culture), plus pemandangan Pantai Pandawa yang luar biasa.  

“Pagi ini kita bisa menikmati udara segar lari culture run. Tadi saya lari 5 kilometer hampir ngos-ngosan, tapi ya astungkara sampai dengan semangat karena panoramanya luar biasa dan ada baleganjur kemudian ada DJ (disc jockey),” ujarnya.


Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma SH, MH, menjelaskan  kegiatan culture run merupakan kerja sama Bank BPD Bali dengan pihak ketiga yang tujuannya untuk meningkatkan sport tourism, memperkenalkan jalur lingkar selatan, dan serangkaian HUT ke-62 Bank BPD Bali.

“Ke depan terus kita tingkatkan peserta lagi untuk jalur yang lebih bagus dan peserta yang lebih banyak. Kegiatan ini kami rencanakan rutin dirangkaikan dengan HUT Bank BPD Bali dan HUT Pemprov Bali,” kata Sudharma.

Sudharma menambahkan kegiatan yang dihelat pertama kali oleh Bank BPD Bali dan perdana di Pantai Pandawa, merupakan hasil kolaborasi dengan pengelola kawasan yang juga sedang mengadakan Festival Semarak Pandawa.

Dia mengharapkan melalui event lari tersebut, selain meningkatkan kesehatan, juga dapat mengembangkan sektor pariwisata terkhusus sport tourism di Bali di mana efeknya UMKM juga ikut terdampak.

“Sport tourism kita optimalisasi di Bali. Kita berharap ekonomi Bali bisa tumbuh dengan kegiatan seperti pariwisata ini dan UMKM bisa tumbuh, karena Bank BPD Bali fokus pada UMKM sampai saat ini porsi UMKM kami lebih dari 50 persen kita capai,” sebut Sudharma.

Sementara, Jero Bendesa Adat Kutuh Nyoman Mesir mengaku bahagia atas suksesnya event lari pertama kali dilakukan di pantai tersebut. Sebelumnya dia mempunyai keinginan untuk membuat event lari yang diikuti ribuan peserta dan harapannya kini menjadi kenyataan.

“Luar biasa, luar biasa, harapan saya sudah terealisasi sekarang. Mudah-mudahan ke depan bisa dilanjutkan,” ucapnya. Dia juga mengajak para pengelola event lainnya untuk mengadakan kegiatan serupa di pantai yang baru dibuka pada 2012 tersebut. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Bank BPD Bali karena sudah melaksanakan event sebesar ini. Siapapun boleh melakukan event ini di Pandawa dan jumlahnya diharapkan lebih banyak lagi,” kata Nyoman Mesir. 

Acara ini bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mendukung inisiatif ‘zero emission’ di Bali dengan mengangkat tema ‘Steps of Goodness for the Future!’

Selain Pj Gubernur Mahendra Jaya dan Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Ida Mahendra Jaya, tampak Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra dan istri, serta kepala perangkat daerah Pemprov Bali dan staf yang mengikuti Culture Run kategori 5 km. Kegiatan berlanjut dengan penanaman terumbu karang di pesisir laut. 7 k17, a

Komentar