nusabali

Bupati Resmikan Panti Werdha Shanti dan Luncurkan Kata Hati

  • www.nusabali.com-bupati-resmikan-panti-werdha-shanti-dan-luncurkan-kata-hati

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti meresmikan Panti Werdha Shanti dan luncurkan Kampung Investasi Hati (Kata Hati) di Banjar Wanasara, Desa Bongan, Kecamatan/Kabupaten Tabanan, Rabu (9/8). 

TABANAN, NusaBali
Peresmian Panti Werdha Shanti dan Kampung Investasi Hati yang memanfaatkan rumah dinas Pemkab Tabanan ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Tabanan Ni Made Meliani, anggota DPRD Tabanan Made Dirga, Camat Tabanan Putu Arya Suta, Perbekel Desa Bongan, dan tokoh masyarakat setempat.

Panti Werdha Shanti merupakan satu dari 9 program inovatif Dinas Sosial, Pembedayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Tabanan. Kepala Dinas Sosial PPPA Tabanan I Gede Nyoman Gunawan mengatakan, sosok Bupati Eka tidak hanya memberi contoh mengenai investasi hati, tapi contoh atas program yang digulirkan Dinas Sosial. Gunawan menjelaskan, Dinas Sosial PPPA Tabanan telah mengeluarkan 9 inovasi yakni Warung Cerdas Kube, Kopi Kental, Tagana Smart, Bedah Rumah, Bedah Kamar, OPD Peduli, Panti Jompo, Kota Layak Anak, dan Kata Hati. 

“Mudah-mudahan ini menginspirasi kita semua. Barangkali ini satu-satunya di Indonesia. Ke depan kita akan membuat panti anak, panti laras, jadi Wanasara ini akan kami jadikan sebuah Kampung Investasi Hati,” ungkapnya. Gunawan menjelaskan, saat ini terdapat 7 orang lansia di Panti Werdha Shanti yakni 4 orang nenek dan 3 orang kakek. 

Sementara Bupati Eka Wiryastuti mengatakan Panti Werdha Shanti dan Kampung Investasi Hati adalah program yang sangat humanis. Dikatakannya, saat ini banyak lansia, anak yatim piatu, yang tidak punya tempat berteduh. Bahkan banyak lansia tidak memiliki siapa-siapa lagi. Panti Werdha Shanti dan Kampung Investasi Hati adalah salah satu inovasi Dinas Sosial untuk mencari dan memberikan perhatian kepada mereka yang membutuhkan. “Sesuai ajaran Tat Twam Asi. Aku adalah kamu, kamu adalah aku. Jadi jangan pernah hanya melihat ke atas saja, namun lihatlah ke sekeliling karena masih banyak saudara yang membutuhkan perhatian,” ungkapnya. 

Salah seorang lansia penghuni Panti Werdha Shanti, I Ketut Lodra, 79, tak kuasa menahan tangisnya saat bertemu Bupati Eka Wiryastuti. Lodra menyampaikan terima kasih atas kepedulian pemerintah yang diberikan kepada dirinya. “Saya sangat berterima kasih kepada Pemkab Tabanan. Kini saya bisa makan 3 kali sehari, dan hidup saya menjadi lebih baik,” ungkapnya. Pada kesempatan itu, Bupati Eka juga meninjau ruangan dan para lansia di Panti Sosial Werdha Shanti  serta memberikan santunan kepada para lansia. *k21

Komentar