nusabali

Duel Spanyol Vs Prancis, Layaknya Final

  • www.nusabali.com-duel-spanyol-vs-prancis-layaknya-final

BERLIN, NusaBali - Timnas Spanyol dan Timnas Prancis akan berduel di semifinal Piala Eropa 2024. Pertandingan babak 4 besar Spanyol vs Prancis di Allianz Arena/Munich Football Arena, Muenchen, Jerman ini akan kick-off pada, Rabu (10/7) dinihari pukul 03.00 Wita.

Menghadapi laga ini, Spanyol mempunyai modal bagus dengan menyapu bersih kemenangan dalam lima pertandingan yang sudah dijalani. Tim Matador juga menjadi tim paling produktif bersama Jerman dengan catatan 11 gol yang sudah dibuat. Prancis merupakan tim dengan skuad mewah di Piala Eropa 2024. Di skuad tim Ayam Jantan banyak pemain top seperti Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, Jules Kounde, Aurelien Tchouameni, hingga N'Golo Kante.

Prancis memang masih belum tampil sip. Dalam lima pertandingan, ada tiga gol yang dibuat, sekali kebobolan, dan empat kali membukukan clean sheet. Fabian Ruiz, salah satu penggawa Spanyol menegaskan bahwa timnya memperlakukan laga setelah fase grup layaknya final. Oleh karena itu, Spanyol akan habis-habisan saat menjalani laga dengan Prancis.

Prancis dan Spanyol sudah berhadapan sebanyak 36 kali dalam catatan UEFA. Hasilnya, tim Matador menang 16 kali, imbang tujuh kali, dan menelan kekalahan 13 kali. Terakhir kali Spanyol dan Prancis bertemu adalah di final UEFA Nations League pada Oktober 2021. Spanyol kalah 1-2. Spanyol unggul lewat gol Mikel Oyarzabal menit 64, kemudian Prancis berbalik menang melalui gol-gol Karim Benzema menit 66 dan Kylian Mbappe menit 80. Terakhir kali Spanyol dan Prancis bertemu di putaran utama Euro adalah di perempat final Euro 2012. Spanyol menang 2-0 melalui dua gol Xabi Alonso menit 19 dan menit 90+1 (penalti).

Dani Olmo akan mengemban tugas penting saat Spanyol bertemu Prancis, Rabu dini hari nanti. Gelandang serang RB Leipzig berusia 26 tahun ini akan mengambil peran sebagai pengatur serangan La Furia Roja setelah Pedri mengalami cedera.

Pelatih Spanyol Luis de la Fuente menaruh kepercayaan besar kepada Olmo yang menjadi man of the match saat Spanyol mengalahkan Jerman 2-1 dalam perempat final Piala Eropa 2024 Jumat pekan lalu.

Olmo menggantikan Pedri yang cedera pada menit ke-8, berhasil menyumbangkan satu gol dan satu asis untuk gol Mikel Merino pada menit ke-119 setelah kedua tim imbang 1-1 selama 2x45 menit. Pada tiga pertandingan fase grup, Dani Olmo bukanlah nama pertama dalam daftar starting eleven de la Fuente yang selalu memilih Pedri dalam tim utama.

Hal itu dianggap wajar karena Olmo beroperasi di pos sama dengan Pedri sebagai gelandang serang. Posisi kedua yang bisa ditempati Olmo adalah sayap kiri, namun Spanyol lebih sering menurunkan pemain Athletic Bilbao Nico Williams. Kendati demikian, Olmo selalu berkontribusi maksimal ketika diberi kesempatan  bermain. Dia menjadi pemain terbaik pada laga melawan Jerman dan mencetak gol ke gawang Georgia pada babak 16 besar seusai menggantikan Pedri pada babak kedua.

Pemain binaan akademi Barcelona itu juga memberikan asis untuk gol tunggal Ferran Torres saat Spanyol menang 1-0 atas Albania  pada laga ketiga fase grup. "Dani Olmo adalah pemain luar biasa, pesepakbola fantastis, saya sangat menghargainya,” kata De la Fuente sebagaimana diwartakan AFP, Senin. ""Dia lebih memikirkan tim ketimbang dirinya sendiri sebagai individu." Olmo menyatakan kesanggupannya mengemban peran baru sebagai pemain andalan untuk timnas Spanyol.

"Saya kelelahan. Tapi saya merasa sangat bangga dengan tim kami yang fantastis, berjuang hingga akhir, tim yang luar biasa, saya sangat bahagia,” kata Olmo. Pedri mengalami cedera lutut setelah mendapat tekel keras dari gelandang veteran Jerman Toni Kroos. Pedri dipastikan absen selama sebulan atau sampai Piala Eropa berakhir. Selain Pedri, La Roja juga tak diperkuat bek kanan Dani Carvajal dan bek tengah Robin Le Normand karena akumulasi kartu. De la Fuente kemungkinan menurunkan Nacho Fernandez dan Jesus Navas untuk menggantikan dua pemain tersebut.

Sementara bek sayap Spanyol Marc Cucurella menilai kapten timnas Prancis Kylian Mbappe sebagai pemain yang bisa menentukan hasil pertandingan ketika Spanyol ditantang Prancis pada semifinal Euro 2024. "Dia salah satu pemain yang mungkin tidak terlibat dalam gerakan transisi tim tetapi dialah yang membuat perbedaan. Ini merupakan pertandingan yang berat, tapi kami tim yang kuat dan solid. Jika kami bersatu, kami bisa mengalahkan Prancis," kata Cucurella dalam laman Euro 2024 pada, Senin kemarin.

Spanyol dan Prancis sudah 36 kali bertemu dalam semua kompetisi. Spanyol mengemas 16 kali, sedangkan Prancis 13 kali menang.  La Roja juga jauh lebih produktif dibandingkan dengan Les Bleus. La Furia Roja total mencetak 64 gol berbanding 39 gol yang disarangkan Prancis sepanjang sejarah pertemuan kedua tim.

Cucurella menyebut La Furia Roja memang mengalami kelelahan karena harus bertanding sampai babak perpanjangan waktu saat bersua Jerman dalam perempat final. "Tapi ada kegembiraan sejaati saat mencapai semifinal dan dua pertandingan lagi untuk memenangkan trofi," ujar Cucurella. Cucurella mengemban tugas berat di sayap kiri pertahanan Spanyol untuk menghadang sayap serfangan Les Bleus yang mempunyai pemain-pemain dengan kecepatan di atas rata-rata seperti Kylian Mbappe, Ousmane Dembele, Kingsley Coman, dan Bradley Barcola. Spanyol menjadi satu-satunya tim yang selalu menang dalam lima pertandingan yang sebelum laga semifinal. 7 ant

PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN
Spanyol: Unai Simon: Jesus Navas, Nacho Fernandez, Aymeric Laporte, Marc Cucurella; Dani Olmo, Rodri, Fabian Ruiz; Lamine Yamal, Alvaro Morata, Nico Williams.
Prancis: Mike Maignan; Jules Kounde, William Saliba, Dayot Upamecano, Theo Hernandez; N'Golo Kante, Aurelien Tchouameni, Eduardo Camavinga, Antoine Griezmann; Randal Kolo Muani, Kylian Mbappe

Komentar