nusabali

LPM Jimbaran Gelar Brewing Passion dan Kelas Barista

Pemkab Badung Berikan Dana Bantuan Rp 30 Juta

  • www.nusabali.com-lpm-jimbaran-gelar-brewing-passion-dan-kelas-barista

MANGUPURA, NusaBali - Dalam upaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Kelurahan Jimbaran agar mampu bersaing di tingkat lokal maupun internasional, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Jimbaran menggelar Brewing Passion dan Kelas Barista di Lotus Food Service, Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan.

Kegiatan yang dibuka sejak Senin (8/7) hingga Jumat (12/7) mendatang itu dipandu langsung oleh Yande J Wirawan, salah seorang pemenang Asean Top 5 Lead ABCT 2024 di Thailand.

Guna mendukung kegiatan tersebut, Pemkab Badung melalui Sekretaris Daerah (Sekda) I Wayan Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana senilai Rp 30 juta yang diterima lansung oleh Ketua Panita sekaligus Ketua LPM Jimbaran I Made Dharmayasa. Penyerahan bantuan disaksikan seluruh undangan dan peserta.

Ketua LPM Jimbaran I Made Dharmayasa, menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari Bulan Bakti Gotong Royong. Program ini adalah hasil kerja sama dengan pemerintah Kabupaten Badung yang diajukan melalui Kelurahan Jimbaran. Kegiatan ini turut didukung beberapa sponsor dari wilayah Jimbaran.

“Ini adalah program pemberdayaan yang kami rencanakan akan dilaksanakan rutin ke depannya. Saat ini, terdapat empat kelas pelatihan, yaitu Coffee Knowledge, Sensory Practice, Barista Basic Knowledge Espresso, dan Milk Texturing Technique and Latte Art,” ujar Dharmayasa, Senin pagi.

Menariknya, pelatihan ini dipandu langsung oleh Yande J Wirawan, salah seorang pemenang ASEAN Top 5 Lead ABCT 2024 di Thailand. Pelatihan itu pun diikuti oleh 50 peserta yang merupakan warga asli Jimbaran dari 14 lingkungan banjar serta pelaku usaha UMKM yang bergerak di bidang industri kopi di wilayah Kelurahan Jimbaran. “Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas SDM Jimbaran agar mampu bersaing di tingkat lokal maupun internasional,” kata Dharmayasa.

Antusiasme warga Jimbaran terhadap kegiatan ini juga dikatakan sangat tinggi. Dari 70 pendaftar, hanya 50 peserta yang diterima untuk mengikuti pelatihan, dengan sebagian besar peserta merupakan pemula dan juga ada yang sudah profesional.

Dharmayasa mengatakan, pelatihan dibagi menjadi beberapa sesi, dengan setiap sesi diikuti oleh 10 orang peserta per hari. Selain kegiatan Brewing Passion dan Kelas Barista, LPM Jimbaran juga merencanakan kegiatan jalan santai dan donor darah pada bulan depan, sebagai bagian dari upaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan kebersamaan masyarakat Jimbaran.

Dalam kesempatan yang sama, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa memberikan apresiasi tinggi kepada LPM Jimbaran atas inisiatif dalam menggelar kegiatan Brewing Passion dan Kelas Barista. “Saya lihat ini sangat luar biasa. Saya terus terang memberikan apresiasi karena LPM sudah menginisiasi sekaligus memfasilitasi kegiatan untuk memberikan ruang kepada anak-anak muda di Jimbaran untuk menjadi entrepreneur muda, khususnya terkait dengan barista,” ujarnya.

“Saya atas nama pemerintah sangat mendukung kegiatan ini, mudah-mudahan bisa berlangsung terus, artinya bisa dilaksanakan setiap tahun dan juga kalau bisa tidak hanya di Jimbaran tetapi di tempat lain, terutama di daerah pariwisata,” harap birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta, Lurah Jimbaran I Wayan Kardiyasa, Bendesa Adat Jimbaran I Gusti Made Rai Dirga, Direktur Lotus Food Services Henny Santoso, dan Markerting Communication Lotus Food Services Kristia Sigilipu. @ ol3

Komentar