nusabali

BPS Catat Harga Beras Naik di 109 Daerah

  • www.nusabali.com-bps-catat-harga-beras-naik-di-109-daerah

JAKARTA, NusaBali - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga beras mulai naik lagi. Pada minggu pertama Juli, terjadi kenaikan harga beras 0,26% dibandingkan periode Juni 2024.

Jumlah daerah yang mengalami kenaikan harga beras juga bertambah signifikan setiap minggunya. BPS mencatat pada minggu pertama Juli ada 109 kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga beras. Dalam paparannya, harga beras saat ini naik menjadi Rp 15.077 per kilogram (kg).

"Kalau kita lihat jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan harga beras bertambah pada minggu pertama Juli, ada 109 jumlah kabupaten/kota yang mengalami kenaikan," kata Pelaksana Harian (Plh) Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, M Habibullah dalam rapat koordinasi pengendali inflasi daerah 2024 yang disiarkan YouTube Kemendagri RI, seperti dilansir detikcom, Senin (8/7).

Angka itu tercatat naik terus sejak minggu kedua Juni, daerah yang mengalami kenaikan harga beras 59 kabupaten/kota, minggu ketiga Juni naik lagi menjadi 70 kabupaten/kota, dan minggu keempat Juni menjadi 75 kabupaten/kota.

Kemudian komoditas lain yang mengalami kenaikan harga yakni daging ayam. BPS mencatat kenaikan harga daging ayam terjadi di 115 kabupaten/kota. Jumlah itu naik dari pekan sebelumnya hanya 76 daerah.

Sementara harga cabai rawit dan merah memang masih tercatat mengalami kenaikan. Namun, jumlah daerah yang mengalami hal itu berangsur turun.

Seperti cabai merah, daerah yang mengalami kenaikan menurun dari sebelumnya 253 kabupaten/kota, kini menjadi 76 daerah saja. Kemudian cabai rawit menurun dari 210 menjadi 135 kabupaten/kota. 7

Komentar