nusabali

Polda Bali Rekrut 286 Bintara dan 25 Tamtama

  • www.nusabali.com-polda-bali-rekrut-286-bintara-dan-25-tamtama

DENPASAR, NusaBali - Polda Bali merekrut 286 Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), Minggu (7/7). Dari 286 Bintara PTU itu, 267 pria dan 19 orang wanita. Rinciannya Bintara PTU Reguler sebanyak 232 terdiri dari 224 pria dan 8 wanita. Bintara PTU Kuota Khusus sebanyak 54 orang terdiri dari 42 pria 43 dan 11 wanita. Selain itu, Polda Bali juga merekrut Tamtama PTU sebanyak 25 orang.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan, Senin (8/7) mengatakan ratusan Bintara dan Tamtama ini merupakan saringan atau yang lolos seleksi dari 2.500 pendaftar. Mereka dinilai layak untuk menjadi anggota Polri.

Dikatakannya ribuan peserta yang mengikuti seleksi sudah mempersiapkan diri sejak awal, baik fisik maupun mental dan bersaing ketat di setiap tahapan ujian seleksi yang dilalui. Ujian seleksi, kata Kombes Jansen, diawasi ketat oleh panitia dan para pengawas baik internal maupun pengawas ekternal di luar Polri.

“Proses rekrutmen ini dilaksanakan dengan prisip ‘BETAH’ (Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis). Semuanya berjalan sesuai prosedur dan aturan yang berlaku,” ungkap Kombes Jansen.

Kombes Jansen lebih lanjut menjelaskan kuota khusus dalam penerimaan PTU tahun ini merupakan kebijakan Kapolri dan dipastikan kuota khusus tersebut tidak mengurangi kuota penerimaan Polda Bali yang sudah diterapkan. Bahkan secara umum justru itu menguntungkan karena otomatis menambah kuota penerimaan PTU untuk putra-putri terbaik Bali menjadi anggota Polri.

Kuota khusus dalam penerimaan Bintara dan Tamtama Polri gelombang II TA 2024 berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/567/IV/2024 tanggal 2 April 2024 tentang Penerimaan Bintara Polri gelombang II tahun anggaran 2024. Keputusan Kapolri Nomor: Kep/568/IV/2024 tanggal 2 April 2024 tentang Penerimaan Tamtama Polri gelombang II tahun anggaran 2024. 

Masih menurut Kombes Jansen, meskipun ada kuota khusus tetapi tidak berarti otomatis lulus. Peserta kuota khusus ini tetap mengikuti seleksi yang ketat. Bahkan ada calon dari kuota khusus itu yang tidak lolos seleksi.

“Bapak Kapolda Bali saat sidang terbuka kelulusan secara khusus mengucapkan selamat kepada putra-putri Bali yang sudah lulus terpilih menjadi anggota Polri. Bapak Kapolda Bali juga berpesan jaga kesehatan untuk persiapkan diri mengikuti pendidikan, jangan melakukan perbuatan yang melanggar hukum/aturan dan tentunya siap untuk ditugaskan di manapun,” kata Kombes Jansen. 7 pol

Komentar