nusabali

Diskominfo Sosialisasi Keamanan Siber

Ajak Perangkat Daerah Lakukan Tindakan Preventif

  • www.nusabali.com-diskominfo-sosialisasi-keamanan-siber

MANGUPURA, NusaBali - Sebagai upaya antisipasi serangan siber di lingkungan Pemkab Badung, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Badung menggelar sosialisasi keamanaan siber dengan melibatkan para kepala perangkat daerah, Selasa (9/7).

Sosialisasi dilakukan lantaran belakangan ini kejahatan siber marak terjadi dan membahayakan data-data milik pribadi maupun institusi.

Kepala Diskominfo Badung IGN Gede Jaya Saputra mengatakan sosialisasi keamanan siber ini sangat penting mengingat akhir-akhir ini banyak sekali terjadi kasus kejahatan siber. “Jadi hari ini kita melaksanakan kegiatan diskusi dengan teman-teman perangkat daerah, tujuan agar mereka menyadari pentingnya keamanan jaringan, sistem, data center kita dan akses,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi segala gangguan, Jaya Saputra mengajak perangkat daerah berbagi tugas, membantu Diskominfo sebagai penyedia layanan melakukan langkah-langkah preventif dan pencegahan di masing-masing perangkat daerah. “Kita berbagi tugas dengan perangkat daerah yang lain. Apa yang menjadi langkah-langkah preventif di perangkat daerah, dan mana yang menjadi tugas kami sebagai pemberi layanan di Diskominfo,” ungkap mantan Camat Mengwi ini.

Jaya Saputra juga menyebut dalam diskusi tersebut ada beberapa materi yang disampaikan oleh tim teknis terkait isu-isu aktual yang berkaitan dengan isu siber. “Bagaimana pun juga pengelolaan keamanan dan data center merupakan hal yang sangat strategis yang harus kita kawal bersama  di lingkungan Pemkab Badung,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Badung Ida Ayu Gede Dewi Crishnadi, menambahkan telah memiliki tim yang khusus menangani keamanan terkait siber. “Kita sudah ada tim. Tim ini untuk menindaklanjuti apabila ada insiden-insiden yang terjadi di Pemerintah Kabupaten Badung,” kata Dewi Crishnadi. @ ind

Komentar