nusabali

Uruguay vs Kolombia: Sengit Menuju Final Copa America!

Uruguay vs Kolombia

  • www.nusabali.com-uruguay-vs-kolombia-sengit-menuju-final-copa-america

Uruguay yang tangguh di lini belakang akan berhadapan dengan Kolombia yang tampil tajam di depan gawang.

FLORIDA, NusaBali
Pertarungan sengit untuk memperebutkan tiket final Copa America 2024 tersaji di Bank of America Stadium, North Carolina, pada Rabu (10/7) waktu setempat atau Kamis pagi WITA. Pemenang laga ini akan bertemu Argentina yang mengalahkan Kanada 2-0 pada Rabu (10/7) siang waktu Indonesia.

Anak asuhan Marcelo Bielsa, Uruguay, harus melewati adu penalti untuk menyingkirkan Brasil di perempat final. Sementara itu, Kolombia tampil klinis dengan membantai Panama 5-0 di babak yang sama.

Uruguay dikenal sebagai salah satu tim dengan pertahanan terbaik di Amerika Selatan. Mereka berhasil menahan Brasil tanpa gol di waktu normal saat babak perempat final, meskipun harus kehilangan dua pemain bertahan.

Meski Ronald Araujo cedera di babak pertama dan Nahitan Nandez terkena kartu merah di babak kedua, tim asuhan Bielsa mampu bertahan hingga adu penalti. Uruguay akhirnya menang setelah algojo Brasil, Eder Militao dan Douglas Luiz, gagal menjalankan tugasnya.

Pemain Uruguay, Jose Gimenez, gagal mencetak gol ke gawang Alisson Becker. Namun, berkat eksekusi penalti yang sukses dari Federico Valverde, Rodrigo Bentancur, Giorgian de Arrascaeta, dan terakhir Manuel Ugarte, Uruguay mengakhiri absen 13 tahun mereka di semifinal Copa America.

Uruguay terakhir kali mencapai final pada tahun 2011. Mereka tersingkir di perempat final dalam tiga dari empat edisi terakhir. Kini, perjalanan ke Florida menjadi target realistis bagi tim yang sedang dalam tren positif dengan lima kemenangan beruntun.

Meskipun demikian, kekhawatiran di lini belakang Uruguay mungkin akan mengancam rekor pertahanan mereka yang luar biasa. Uruguay kebobolan satu gol - saat melawan Panama di laga pembuka grup - namun cedera pemain belakang dapat merusak rekor tersebut.

Berbeda dengan Uruguay, Kolombia tampil tanpa kebobolan di perempat final. Mereka menang 5-0 atas Panama melalui gol dari lima pemain berbeda. Tim besutan Nestor Lorenzo ini memecahkan beberapa rekor tim nasional, termasuk kemenangan terbesar mereka di Copa America.

Selain itu, Kolombia sedang dalam tren tak terkalahkan 27 pertandingan di semua kompetisi sejak kalah dari Argentina pada kualifikasi Piala Dunia 2022 bulan Februari. Jika menang melawan Uruguay, mereka akan mencetak rekor baru untuk rentetan tak terkalahkan terpanjang mereka.

Meski rekor 10 kemenangan beruntun Kolombia terhenti di laga terakhir grup melawan Brasil yang berakhir imbang 1-1, mereka tetap tampil impresif dan berhasil lolos ke semifinal dalam tiga dari empat Copa America terakhir.

Namun, Kolombia belum pernah lagi mencapai final sejak mereka juara di tahun 2001. Dua pertemuan terakhir mereka dengan Uruguay berakhir imbang. Meski begitu, Kolombia pernah mengalahkan Uruguay lewat adu penalti di perempat final Copa America tiga tahun lalu.

Uruguay akan kehilangan Nahitan Nandez yang terkena kartu merah dan Ronald Araujo yang cedera. Kemungkinan besar Gimenez akan kembali ke lini belakang, sementara Guillermo Varela akan menggantikan Nandez.

Sebaliknya, Kolombia mendapat kabar baik dengan kembalinya Jefferson Lerma yang absen di laga sebelumnya karena akumulasi kartu kuning.7

Prediksi Susunan Pemain:

Uruguay:
Sergio Rochet; Guillermo Varela, José María Giménez
Matías Olivera, Matías Viña, Federico Valverde, Manuel Ugarte, Facundo Pellistri, Nicolás De La Cruz, Luis Suárez, Darwin Núñez

Kolombia:
Camilo Vargas; Daniel Muñoz, Davinson Sánchez, Carlos Cuesta, Johan Mojica, Kevin Ríos, Jefferson Lerma, Jhon Arias,
James Rodríguez, Luis Díaz, Jhon Córdoba

Komentar