nusabali

SMPN 1 Ubud Gelar Karya Mamungkah

  • www.nusabali.com-smpn-1-ubud-gelar-karya-mamungkah

GIANYAR, NusaBali - SMPN 1 Ubud di Kelurahan/Kecamatan Ubud, Gianyar, menggelar Karya Mamungkah, Rsi Gana, Melaspas, Mapedagingan, lan Ngenteg Linggih, di Padmasana sekolah setempat, Buda Pon Watugunung, Rabu (10/7) siang. Puncak karya ini dipuput Ida Pedanda Putu Peling dari Griya Peling, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

Prosesi dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan Gianyar, Panglingsir Puri Agung Peliatan Tjokorda Gde Putra Nindia, Panglingsir Puri Agung Ubud Tjokorda Gde Putra Sukawati alias Cok Putra, Bendesa Adat Ubud Tjokorda Raka Kerthyasa alias Cok Ibah, Ketua Komite SMPN 1 Ubud Prof Dr Tjokorda Gde Raka Sukawati alias Cok De, Ketua Umum Ikatan Alumni SMPN 1 Ubud (Ikaspensa)  Cokorda Ngurah Suyadnya alias Cok Wah bersama pengurus, antara lain Sang Putu Eka Pertama. Unsur pimpinan Tripika Ubud, tokoh masyarakat Ubud, para guru, dan seluruh siswa. 

Kepala SMPN 1 Ubud I Nyoman Sadu Spd MPd menyampaikan karya ini diinisiasi oleh komite sekolah yang diketuai Cok De dari Puri Agung Ubud sekaligus selaku Pangrajeg Karya dan donatur utama. Dia pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak khususnya sameton Puri Agung Ubud, komite sekolah serta alumni, hingga karya ini berjalan lancar dan sukses. 

Sebelum puncak karya, pada Selasa (9/7) dilaksanakan prosesi Nunas Pakuluh ke Segara, Pura Tirta Empul di Desa Manukaya, Kecamatan Tampaksiring, Pura Dalem Sidakarya di Denpasar, Pura Khayangan Tiga di Desa  Adat Ubud, Pura Gunung Lebah Ubud, dan Pura Batukaru Ubud. Jumat (12/7) Melasti, Masegeh Agung, dan Ngaturang Ayaban. Sabtu (13/7), Piodalan di Padmasana akan dipuput Ida Pedanda Griya Peling Baleran, Banjar Lingkungan, Pedangtegal, Kelurahan Ubud. Selasa (16/7) Nyegara Gunung.

Panglingsir Puri Agung Ubud Tjokorda Gde Putra Sukawati mengatakan, keberadaan sekolah ini bermula dari SMP rintisan yakni SMP Kertha Yoga di Campuhan, Ubud. SMP ini didirikan mendiang ayahndanya, Tjokorda Gde Agung Sukawati, tahun 1952. SMP Kertha Yoga merupakan SLUB Saraswati Denpasar kelas jauh di Ubud. SMP kelas jauh ini berhasil didirikan di Ubud karena Tjokorda Agung Sukawati juga salah seorang perintis Yayasan Saraswati. Sedangkan SMP Kertha Yoga Ubud di bawah Yayasan Dharma Usada, dan juga membawahi pengelolaan Klinik Kesehatan. 

Atas inisiatif mendiang bersama sejumlah tokoh masyarakat Ubud, jelas Tjokorda, minta kepada pemerintah untuk menegerikan sekolah ini hingga menjadi SMPN 1 Ubud pada 31 Agustus 1962. Bukti kuat sekolah ini merupakan sumbangsih masyarakat adalah adanya Pura Dalem Alit yang merupakan salah satu parhyangan Desa Adat Ubud, terletak di areal sekolah ini.7lsa

Komentar