nusabali

SMAN 1 Amlapura Juarai Pendidik Sebaya di FK Unud

  • www.nusabali.com-sman-1-amlapura-juarai-pendidik-sebaya-di-fk-unud

AMLAPURA, NusaBali - Regu SMAN 1 Amlapura menjuarai Lomba Pendidik Sebaya di Fakultas Kedokteran Unud Denpasar, Minggu (7/7). Regu ini beranggotakan 5 siswa, menyingkirkan juara II SMAN 2 Amlapura, juara III SMAN 1 Bangli, dan juara IV SMAN 1 Nusa Penida, Klungkung.

"Kami mengirim dua regu, regu A juara I dan Regu B peringkat kelima," jelas Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Rabu (10/7).

Regu SMAN 1 Amlapura peraiah juara I yakni I Made Priya Darma Pratistha kelas XII/6, Ni Kadek Ari Pratiwi Andani kelas XII/4, I Komang Nanda Aditya kelas XII.4, Ida bagus Eka Aditya Wardana kelas XII/3, dan Ni Komang Messy Estiani kelas XII/1.

Lomba tersebut, katanya, bertujuan agar siswa sejak dini peduli terhadap permasalahan lingkungan di sekitarnya. Dengan harapan nantinya menjadi contoh mulai dari lingkungan terkecil seperti teman sebaya, lingkungan keluarga, banjar dinas dan masyarakat luas. Kepedulian ini terkait pengetahuan bidang kesehatan masyarakat, guna mendukung terciptanya generasi Indonesia emas tahun 2045.

Lomba diselenggarakan Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat FK Unud ini juga untuk meningkatkan promosi kesehatan ke masyarakat umum. Harapannya nanti, agar peserta lomba yang telah dapat pembekalan tentang ilmu kesehatan masyarakat, dapat mengembangkan informasi kesehatan kepada teman-teman sebaya, muaranya nantinya mampu mendukung terciptanya generasi emas Indonesia di tahun 2045. 

Karena tahun 2045, Indonesia berusia 100 tahun, atau satu abad, itu menjadi target Indonesia untuk menjadi negara maju dan modern, sejajar dengan negara-negara adidaya di dunia. "Caranya mendukung, agar sejak dini disiapkan sumber daya manusia yang andal, menjaga stabilitas bangsa, menurunkan angka stunting dan lain-lain," katanya.

Sia SMA yang kini rata-rata berumur 18 tahun, tahun 2045 rata-rata berumur 40 tahun sehingga sangat tepat jadi pemimpin dan generasi yang mewarisi pembangunan di segala bidang. Tahun lalu, lomba ini juara I dan II diboyong SMKN 3 Denpasar, juara III SMA Tunas Daud Denpasar.7k16

Komentar