nusabali

Pekerja Magang Dominasi Pemohon Kredit Tanpa Agunan

  • www.nusabali.com-pekerja-magang-dominasi-pemohon-kredit-tanpa-agunan

BANGLI, NusaBali - Bank Daerah Bangli memberikan kredit tanpa agunan bagi calon tenaga kerja ke luar negeri. Bank ini menyiapkan kredit Rp 1 miliar dengan bunga 0,5 persen. Calon pekerja magang ke Jepang mendominasi pinjaman tersebut.

Direktur Bank Daerah Bangli I Made Astawa mengatakan program kredit tanpa agunan untuk mendukung warga Bangli yang bekerja ke luar negeri. Tahun ini, Pemkab  Bangli menyiapkan anggaran melalui penyertaan modal Rp 1 miliar untuk melaksanakan program ini. 

"Anggaran tersebut sudah teralisasi seluruhnya," jelasnya Rabu (10/7). Direktur asal Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli ini, menyampaikan untuk besaran kredit masih sama seperti tahun sebelumnya yakni Rp 50 juta untuk magang di Jepang dan Rp 35 juta untuk yang mau bekerja ke kapal pesiar atau lainnya. Dijelaskan, limit/batas pinjam berbeda karena biaya yang dibutuhkan untuk ke luar negeri berbeda. "Biaya untuk magang ke Jepang lebih besar dibandingkan ke kapal pesiar," sebutnya. 

Sejauh ini lebih banyak pemohon kredit untuk magang ke Jepang. Terbelih lagi di Bangli cukup banyak lembaga pelatihan kerja (LPK) ke Jepang. Ditambahkan, dari beberapa tahun progam ini berjalan, hingga Juni sisa kredit untuk yang magang ke Jepang Rp 3,4 miliar lebih. Sedangkan kapal pesiar ada Rp 2,5 miliar. "Sejauh ini untuk pembayaran kredit lancar. Kalau pun ada yang terlambat, kami komunikasikan langsung. Dengan teknologi saat ini, meski di luar negeri komunikasi bisa lancar," kata Made Astawa.7esa

Komentar