nusabali

Targetkan 45 Medali Emas PON XXI, Bonus Medali PON Bali Dinaikkan

  • www.nusabali.com-targetkan-45-medali-emas-pon-xxi-bonus-medali-pon-bali-dinaikkan

DENPASAR, NusaBali - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali menjanjikan bonus lebih besar untuk peraih medali emas pada PON XXI Aceh dan Sumatera Utara 2024 dibandingkan PON XX di Papua 2021 yang saat itu mencapai Rp200 juta.

Ketua Umum KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan mengatakan, "Mudah-mudahan bonusnya tidak akan di bawah dari yang sebelumnya sudah ada."

Meskipun belum memberikan rincian besaran nilai bonus, KONI Bali menargetkan perolehan medali emas naik mencapai 45 medali. Hal ini meningkat dari 28 medali emas yang diraih pada PON XX, menempatkan Bali di peringkat lima besar dari 34 provinsi.

Peningkatan target ini salah satunya karena jumlah atlet yang berlaga lebih tinggi dibandingkan PON Papua 2021 yang saat itu masih dalam situasi pandemi Covid-19. Pada PON XXI, Bali akan mengirimkan 549 atlet dari 49 cabang olahraga dengan 60 disiplin olahraga, dibandingkan 235 atlet di PON Papua.

Sementara itu Staf Ahli Gubernur Bali Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan I Made Sudarsana mendukung penuh para atlet, termasuk soal anggaran dan bonus. "Kami pasti akan memperjuangkan (peluang tambahan anggaran)," ucapnya.

Pada PON XX dan Peparnas XVI di Papua 2021, Pemprov Bali memberikan bonus sebesar Rp33,2 miliar bagi atlet peraih medali. Peraih medali emas perorangan mendapatkan bonus sebesar Rp200 juta, perak Rp70 juta, dan perunggu Rp50 juta.

Pemerintah Provinsi Bali memberikan anggaran sebesar Rp50 miliar untuk mendukung para atlet di PON Aceh dan Sumatera Utara.7ant

Komentar