nusabali

Babinsa Desa Bitra Motivasi Petani Padi

  • www.nusabali.com-babinsa-desa-bitra-motivasi-petani-padi

GIANYAR, NusaBali - Babinsa Kelurahan Bitera Serka I Gusti Ketut Rambat memotivasi petani di Subak Tegal Banua Lingkungan Dauh Uma, Kamis (11/7).

Babinsa menyambangi petani yang sedang mengairi sawahnya dan mengecek pertumbuhan padi yang berumur 2 bulan. Kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan nasional.

Dari hasil pemantauan terlihat pertumbuhan padi milik Putu Arjana sudah keluar buah. Namun beberapa rumpun daunnya layu dan menguning. Putu Arjana mengatakan, tanaman padinya terkena penyakit Hawar Daun Bakteri (HDB) atau biasa disebut dengan penyakit Kresek. 

Bakteri ini menyerang tanaman padi pada semua fase pertumbuhan baik vegetatif maupun generatif atau pada masa pertumbuhan maupun setelah berbuah. 

Serka Gusti Ketut Rambat menyarankan melakukan pengendalian agar tidak menular atau meluas ke tumbuhan lainnya. “Salah satunya dengan penambahan dolomit pada lahan. 

Mengurangi genangan air pada tanaman padi dan melakukan penyemprotan pestisida dengan dosis sesuai takaran,” saran Serka Gusti Ketut Rambat. Petani agar memperhatikan penggunaan pupuk yang mengandung Nitrogen agar tidak berlebihan. 

“Cukupi penggunaan pupuk kalium dan tambah penggunaan organik serta hindari kelembaban berlebih,” ungkap Serka Gusti Ketut Rambat. 7 nvi

Komentar