nusabali

Temu Bisnis Menuju Transformasi Digital Pengadaan Barang Jasa

  • www.nusabali.com-temu-bisnis-menuju-transformasi-digital-pengadaan-barang-jasa

GIANYAR, NusaBali - Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) temu bisnis di Balai Budaya Gianyar, Kamis (11/7). Kegiatan yang diinisiasi oleh Mbizmarket dirangkai dengan sosialisasi Mbiz Travel Fair.

Mbizmarket mengajak pelaku UMKM meningkatkan daya saing menuju transformasi digital pengadaan barang dan jasa. Penjabat Bupati Gianyar I Dewa Tagel Wirasa mengatakan, transformasi digital dalam pengadaan barang/jasa pemerintah merupakan salah satu agenda dari pemerintah untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi guna mewujudkan persaingan yang sehat. 

Transformasi digital juga untuk menumbuhkan inovasi, kolaborasi, dan meningkatkan pemberdayaan industri dalam negeri. “Transformasi digital pengadaan dilakukan salah satunya melalui peningkatan transaksi e-purchasing melalui katalog elektronik dan toko daring untuk mewujudkan pengadaan barang atau jasa yang cepat, mudah, transparan, dan tercatat secara elektronik,” jelas Dewa Tagel Wirasa. 

Sejalan dengan hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Gianyar senantiasa melakukan upaya-upaya transformasi pengadaan barang/jasa secara digital, di mana sebelumnya transaksi dalam pengadaan barang/jasa masih banyak dilakukan secara manual. 

Pengembangan katalog lokal dan toko daring dilakukan secara pararel guna mengakomodir peningkatan nilai belanja pengadaan barang/jasa di Kabupaten Gianyar dari tahun ke tahun. Dalam upaya itu, sejak bulan Januari tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Gianyar menggandeng Mbizmarket sebagai salah satu toko daring mitra dari lembaga kebijakan pengadaan barang, jasa pemerintah untuk pelaksanaan transaksi pengadaan barang/jasa maksimal sampai dengan nilai Rp 200 juta. “Selama ini Pemkab Gianyar mencatatkan nilai transaksi yang cukup konsisten dan tertinggi di Provinsi Bali,” ungkap Dewa Tagel Wirasa. 

Chief Technology Officer Mbizmarket, Herdian Yoki Pradipta memaparkan Mbiz Travel Fair diluncurkan untuk membantu dan memudahkan proses digitalisasi pengadaan dan kebutuhan perjalanan dinas. “Kami mengajak seluruh tamu undangan agar berperan aktif pada kegiatan ini dan manfaatkan momen untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya dan berdiskusi dengan kami di sesi sosialisasi yang diselenggarakan,” ucap Herdian. Dia berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya termasuk bagi kemajuan UKM di Kabupaten Gianyar. 7 nvi

Komentar