nusabali

2 Siswa SLB Lolos ke Lomba FLS2N dan O2SN Nasional

  • www.nusabali.com-2-siswa-slb-lolos-ke-lomba-fls2n-dan-o2sn-nasional

AMLAPURA, NusaBali - Dua siswa SLB (Sekolah Luar Biasa) Negeri 1 Karangasem lolos ke FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) dan O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) ke Tingkat Nasional setelah  menang di lomba tingkat Provinsi Bali.

Keduanya siswa kelas III/A (tuna netra), Ni Putu Reina Siwari di nomor nyanyi solo FLS2N dan siswa  kelas IV Tuna Grahita Ni Kadek Dwi Ariyani juara nomor bocce O2SN.

"Kedua siswa itu berhak mewakili Bali di lomba tingkat nasional, yang jadwalnya masing-masing untuk FLS2N semifinal 5-9 Agustus, dan final 17-23 September. Sedangkan O2SN jadwalnya 19-25 Agustus," jelas Kasek SLB Negeri 1 Karangasem Mudi Dwikorahesti di ruang kerjanya, Lingkungan Telaga Mas, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem Kamis (11/7).

Sebelumnya Ni Putu Reina Iswari, ikut Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (AKPDBK) Tingkat Provinsi Bali tahun 2022.

"Anak itu, belajar menyanyi hanya dengan cara mendengar, tetapi ingatannya sangat tajam, dan berbakat bidang nyanyi," katanya.

Sedangkan untuk nomor olahraga bocce yang merupakan gabungan olahraga bowling dan biliar, walau baru pertama kali ikut O2SN Tingkat Provinsi Bali, langsung juara. 

Mudi Dwikorahesti menjelaskan permainan bocce, itu, setiap pemain mendapatkan 8 bola, masing-masing 4 bola biru dan 4 bola merah, dilempar satu persatu agar mampu mendekati sasaran bola putih atau bola palina. 

Olahraga itu khusus untuk anak-anak menderita tuna grahita, yang terganggu di bagian pendengaran, bermain di arena ukuran 18 meter x 3,5 meter. "Sebenarnya bocce bukan sekadar olahraga, tetapi mampu merangsang saraf dan menggerakkan motorik tubuh," katanya.

Setidaknya dengan meloloskan dua siswa ke tingkat nasional, berpeluang meraih gelar juara di tingkat nasional. "Setidaknya kami punya peluang memenangkan gelar juara tingkat nasional, walau nantinya bersaing dengan peserta dari seluruh provinsi se-Indonesia, yang jumlahnya 38 provinsi," tambahnya.7k16

Komentar