nusabali

Perangkat Daerah Diajak Belajar Meracik Berita

  • www.nusabali.com-perangkat-daerah-diajak-belajar-meracik-berita

SINGARAJA, NusaBali - Perwakilan perangkat daerah yang bertugas memegang media sosial dan website diajak belajar meracik berita, untuk memaksimalkan tugasnya dalam pengelolaan informasi atau kehumasan.

Bimbingan Teknis (Bimtek) diberikan langsung dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI di gedung Laksmi Graha Buleleng, Kamis (11/7) kemarin.

Direktur Pengelolaan Media, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kemenkominfo RI Nursodik Gunarjo, mengatakan pelatihan ini dikemas dalam program Jadi Pintar Bersama Kominfo Newsroom (Jarkom). Program ini dikerjasamakan dengan media center Dinas Kominfo yang aktif, salah satunya Diskominfosanti Buleleng.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengelola media center di daerah dalam menyampaikan informasi dengan format standar dan kualitas yang baik,” ucap Nursodik.

Nursodik menjelaskan ada tiga tujuan utama pelaksanaan. Yakni untuk membentuk kemampuan dasar pengelola media center, peningkatan kualitas penulisan berita dan mengasah kembali kemampuan yang sudah dimiliki. “Intinya, program ini kita laksanakan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam mengelola, mengumpulkan, dan menyebarluaskan informasi,” imbuh Nursodik.

Asisten Administrasi Umum Gede Sugiartha Widiada mewakili Penjabat (Pj) Bupati Buleleng berharap setelah mengikuti Bimtek pengelola informasi publik lingkup Pemkab Buleleng mampu meningkatkan kemampuan. Terutama dalam dalam meracik berita dengan standar dan kualifikasi yang baik, sehingga tidak hanya cepat dan tepat, tetapi juga akurat dan berkualitas tinggi. “Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya strategis dalam membangun kepercayaan publik melalui penyampaian informasi yang benar dan bertanggung jawab,” terang Sugiartha.

Di tempat yang sama Kepala Diskominfosanti Buleleng Ketut Suwarmawan menyampaikan, sebagai dinas yang menaungi media center Kominfosanti Buleleng bersyukur terpilih mendapatkan program dari Kemenkominfo. Kesempatan mendapatkan bimtek ini didapatkan setelah Diskominfosanti Buleleng raih anugerah media humas terbaik nasional dua kali berturut-turut.

“Kedepannya kami berharap bisa terus meningkatkan capacity building SDM pemerintahan. Termasuk perangkat daerah untuk lebih baik mengelola informasi. Kami juga punya target informasi yang disajikan tidak hanya di pemerintahan saja, tetapi dari desa-desa yang memiliki informasi yang jauh lebih menarik dan beragam,” terang Suwarmawan.7 k23

Komentar