nusabali

Jaya Negara Tekankan Kolaborasi dan Sinergitas, Wujudkan Pembangunan Kota Berkelanjutan

Rakerkomwil IV Ke–19 Apeksi di Kota Blitar

  • www.nusabali.com-jaya-negara-tekankan-kolaborasi-dan-sinergitas-wujudkan-pembangunan-kota-berkelanjutan

DENPASAR, NusaBali - Walikota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara selaku Ketua Komisariat Wilayah IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menghadiri Rapat Kerja Komisariat Wilayah IV (Rakerkomwil) ke-19 Apeksi di Hotel Santika, Kota Blitar, Jawa Timur, Jumat (12/7).

Selain Walikota Jaya Negara, hadir pula Sekda Denpasar Ida Bagus Alit Wiradana, Ketua TP PKK Denpasar Ny Sagung Antari Jaya Negara, dan Asisten Administrasi Pemerintahan I Made Toya, serta OPD terkait.

Jaya Negara yang menjabat Wakil Ketua Dewan Pengurus Bidang Informasi, Advokasi, dan Hukum Apeksi, menekankan Rakerkomwil Apeksi ini menjadi penting, utamanya berkaitan  dengan perkembangan isu kota-kota di Indonesia agar dapat meraih pertumbuhan ekonomi kreatif yang optimal, dan pencapaian lainnya yang berkemajuan. 

“Bagaimana semua anggota Apeksi dapat terus membangun kolaborasi, komunikasi, dan kerja sama antarpemerintah kota, sehingga dapat mendorong realisasi pertumbuhan ekonomi kreatif, pengembangan digitalisasi, peningkatan kualitas pelayanan publik, mempercepat pembangunan daerah, dan mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh pemerintah kota,” ujar Jaya Negara.

Jaya Negara mengatakan, keterlibatan Pemkot Denpasar dalam Apeksi adalah wujud sinergitas program dalam pembangunan daerah. Dengan sinergi dan kolaborasi yang baik antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat, realisasi pembangunan di Kota Denpasar akan dapat berjalan optimal.

”Dengan semangat vasudhaiva kutumbakam, menyama braya bergotong royong guna mencapai tujuan bersama dapat mewujudkan Kota Denpasar berbudaya, maju, sejahtera, dan berkelanjutan,” ucapnya.

Direktur Eksekutif Apeksi Alwis Rustam mengapresiasi kehadiran pimpinan daerah 13 anggota Komwil IV, yang mencakup Kota Denpasar, Kota Bima, Kota Kupang, Kota Mataram, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Surabaya, Kota Batu, Kota Malang, Kota Probolinggo, dan Kota Pasuruan.

“Terima kasih atas kehadiran seluruh pimpinan daerah, baik para walikota maupun penjabat walikota dalam rapat kerja ini. Ini adalah komitmen kita bersama untuk mencari jalan keluar atas segala sengkarut dan permasalahan yang dihadapi setiap pemerintah kota,” ucapnya. 

Alwis Rustam menggarisbawahi tiga hal utama yang harus menjadi perhatian pengurus APEKSI. Yakni melakukan advokasi kebijakan, mengawal dan memfasilitasi aspirasi anggota Apeksi, dan penguatan kapasitas, yang kesemuanya mesti dilakukan tanpa henti dan berkesinambungan.

“Meski tahun ini adalah tahun sibuk karena kita semua akan menghadapi momen pilkada, namun perencanaan dan roda pemerintahan harus tetap berjalan. Untuk itu, saya mengajak semua jajaran pemerintah kota agar terus bergandengan melakukan koordinasi dan komunikasi untuk dapat tetap saling membantu menjalankan program bagi daerah masing-masing,” kata Alwis Rustam. 

Pada kesempatan tersebut, Jaya Negara juga mengajak sejumlah seniman Kota Denpasar untuk mengisi gelaran pawai budaya, yang masih masuk dalam agenda Rakerkomwil IV Ke–19 Apeksi di Kota Bung Karno tersebut. Selain itu juga diadakan pameran UMKM yang bertajuk Soekarno Coffee Fest. @ mis

Komentar