nusabali

Bupati dan Ketua Dekranasda Tabanan Hadiri Rakernas Apkasi 2024 di Jakarta

  • www.nusabali.com-bupati-dan-ketua-dekranasda-tabanan-hadiri-rakernas-apkasi-2024-di-jakarta

TABANAN, NusaBali - Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya bersama Ketua PKK Kabupaten Tabanan yang juga Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, menghadiri Rapat Kerja Nasional XVI Apkasi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Apkasi Otonomi Expo dan Apkasi Procurement Network Tahun 2024 di Jakarta Convention Centre, Jakarta, Rabu (10/7).

Di acara ini, Bupayi Sanjaya memastikan komitmen kuat dalam mendukung dan memromosikan potensi daerah Tabanan. Rapat tersebut merupakan pertemuan penting karena dihadiri oleh para pejabat tinggi negara, termasuk Presiden Joko Widodo membuka acara. Hadir juga Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta Sekretaris Kabinet. Acara ini juga dihadiri jajaran pemerintah daerah seluruh Indonesia, perusahaan swasta nasional, dan multinasional.

Rapat dengan tiga agenda, yakni Rakernas, Apkasi Otonomi Expo 2024, dan Apkasi Procurement Network 2024 berlangsung hingga 12 Juli 2024. Apkasi Otonomi Expo 2024 untuk memromosikan berbagai produk unggulan daerah, aneka komoditas dan peluang investasi perdagangan dan destinasi wisata hingga meningkatkan perekonomian daerah. 

Presiden Jokowi menyampaikan Indonesia telah menghadapi periode lima tahun yang tidak mudah, sangat sulit, dan penuh tantangan. Dalam periode ini, Indonesia telah menghadapi multikrisis, baik krisis kesehatan, krisis ekonomi, krisis pangan, krisis keuangan, hingga krisis kemanusiaan. “Tapi kita patut bersyukur bahwa negara kita mampu bertahan dari hambatan-hambatan, tantangan-tantangan yang ada. Dan, ekonomi kita masih tumbuh 5,11 persen di kwartal pertama tahun 2024,” ujar Jokowi dalam sambutannya.

Presiden Jokowi mengajak para kepala daerah untuk turut mengembangkan potensi lokal, baik dari segi pangan, energi, industri, teknologi hingga pariwisata. Indonesia negara kaya potensi yang unik dan sangat berkualitas. Apresiasi yang tinggi juga disampaikan oleh presiden Joko Widodo kepada setiap daerah termasuk Tabanan yang turut menyertakan pelaku UMKM dalam Apkasi Otonomi Expo 2024.

Bupati Sanjaya dalam kesempatan tersebut menyampaikan dukungan dan partisipasi Kabupaten Tabanan dalam Rakernas dan Apkasi Otonomi Expo 2024 merupakan langkah strategis untuk memperkenalkan potensi daerah Tabanan kepada masyarakat luas. Menurutnya, Tabanan memiliki banyak potensi yang dapat dikembangkan, terutama sektor pariwisata, pertanian, dan industri kreatif. "Kehadiran kami untuk memperkenalkan produk - produk UMKM dan IKM asli hasil Tabanan. Dekranasda memperkenalkan bahwa Tabanan juga sebagai sentra industri di Bali," ujar Sanjaya. 

Ketua Dekranasda Kabupaten Tabanan Bunda Rai menekankan pentingnya Dekranasda dalam mendukung pengembangan produk kerajinan daerah. Dekranasda Tabanan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk kerajinan lokal agar mampu bersaing di pasar nasional dan internasional. Melalui Apkasi Otonomi Expo 2024, Dekranasda Tabanan berkesempatan untuk memamerkan berbagai produk unggulan kerajinan tangan yang merupakan hasil karya pengrajin lokal.@ des

Komentar