nusabali

Disdikpora Karangasem Angkat Pengawas TK

Sebelumnya Dirangkap Pengawas SD

  • www.nusabali.com-disdikpora-karangasem-angkat-pengawas-tk

AMLAPURA, NusaBali - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem melalui Bidang Pendidik Tenaga Kependidikan, mengangkat seorang tenaga pengawas TK (Taman Kanak-kanak), yakni Ni Luh Juli Erlianti. Pengawas ini akan membina 11 TK Negeri dan 109 TK swasta se-Karangasem.

Sebelumnya, Karangasem tidak memiliki tenaga pengawas TK sehingga dirangkap oleh pengawas SD. Hal itu dikatakan Kabid PTK Disdikpora I Gusti Nyoman Parnawa, di ruang kerjanya, Jalan Veteran, Amlapura, Jumat (12/7).

Kata dia, idealnya kebutuhan tenaga pengawas TK di Karangasem, minimal dua orang. Karena di Karangasem terdapat 11 TK negeri dan 109 TK swasta. "Kalau hanya membina 11 TK negeri, tidak masalah. Tapi kan masih ada 109 TK swasta yang juga mesti dibina. Jika hanya seorang pengawas maka akan kewalahan," tambahnya.

Lanjut Gusti Parnawa, Karangasem masih kekurangan tenaga pengawas. Pengawas SD hanya ada 19 pengawas, idealnya 1 pengawas berbanding 10 SD. Kenyataannya ada 36 pengawas SD untuk membina 356 SD. Sedangkan pengawas SMP ada 5 pengawas, namun keberadaannya dinilai mencukupi untuk membina di 33 SMP negeri.

Koordinator Pengawas Karangasem I Made Dirga mengakui, keberadaan tenaga pengawas TK yang hanya seorang sangat kewalahan bertugas membina 11 TK negeri dan 109 TK swasta. Dia menjadi pengawas SMP untuk membina 9 SMP, yakni di Kecamatan Kubu dan Kecamatan Abang 8 SMP  dan satu SMP di Kecamatan Karangasem.

"Keberadaan pengawas TK itu, hanya satu orang, jelas kewalahan, sehingga pembinaan untuk TK swasta masih dirangkap pengawas SD," kata I Made Dirga yang juga Koordinator Wilayah Disdikpora Kecamatan Abang.

Sedangkan pengawas TK Ni Luh Juli Erlianti yang mantan Kasek TK Negeri Desa Macang, Kecamatan Bebandem, dihubungi berulang kali ada nada sambung, hanya saja tidak memberikan respons. Sehingga belum diketahui, teknis kerjanya di lapangan sehubungan keberadaan pengawas, hanya dirinya sendiri yang bertugas. Sebelumnya, pengawas TK, I Made Suarta, setelah yang bersangkutan purnatugas, sempat beberapa tahun nihil pengawas TK.

Di Karangasem ada 120 TK, yakni di Kecamatan Rendang 9 TK, Kecamatan Sidemen 10 TK, Kecamatan Manggis 20 TK, Kecamatan Karangasem 27 TK, Kecamatan Abang 12 TK, Kecamatan Bebandem 15 TK, Kecamatan Selat 17 TK, dan Kecamatan Kubu 10 TK.7k16

Komentar