nusabali

Jumlah Siswa Pengaruhi Raihan Dana BOS

  • www.nusabali.com-jumlah-siswa-pengaruhi-raihan-dana-bos

BANGLI, NusaBali - Sejumlah sekolah di Bangli masih sedikit mendapatkan siswa baru pada pemenerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2024. Minimnya jumlah siswa akan berdampak pada penerimaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Menurut Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bangli Ida Bagus Maha Arta, sebelumnya ada ketentuan jumlah standar minimal dana BOS yang dihitung 60 siswa. Namun sekarang besaran dana BOS yang diterima oleh sekolah sesuai dengan jumlah siswa.
 
Kata dia, dana BOS tingkat SD Rp 1.050.000 per siswa per tahun, tingkat SMP Rp 1.280.000 per siswa. "Dana dihitung per siswa, dengan begitu tinggal dikalikan dengan jumlah siswa sehingga segitulah yang diterima sekolah," ungkapnya Jumat (12/7).

IB Maha Arta menyebutkan dengan keterbatasan dana BOS yang diterima, sekolah harus mampu mengelola dana ini seefisien mungkin. "Berbicara cukup dan tidak cukup, ya harus cukup. Kami tidak bisa berbuat banyak," ujarnya. 

Lanjutnya, manfaat dana BOS untuk penyediaan buku, biaya operasional lainnya, termasuk bantuan untuk guru dan tenaga berstatus honor. Karena guru dan tenaga sekolah berstatus honor juga harus dibayar dari dana BOS ini. 

Terkait regrouping, IB Maha Arta menegaskan dinas tidak berwenang menutup satuan pendidikan. Kecuali jika satuan pendidikan dan komite sepakat untuk mengusulkan satuan Pendidikan, maka dinas akan memfasilitasi.7esa

Komentar