nusabali

SMKN 1 Gianyar Rancang Jurusan Perhotelan

  • www.nusabali.com-smkn-1-gianyar-rancang-jurusan-perhotelan

GIANYAR, NusaBali - SMKN 1 Gianyar tahun ini mulai merancang pembukaan jurusan/komptensi keahlian Perhotelan. Rancangan ini menyusul banyaknya permintaan masyarakat khususnya kalangan orangtua siswa agar SMKN yang eks SMEAN Gianyar membuka jurusan berrumpun pariwisata.

‘’Kalau merujuk pada sarana yang ada, kami sangat memungkinkan untuk membuka jurusan Perhotelan ini mulai tahun depan atau tahun ajaran 2025/2026. Kalau untuk jurusan Tata Boga, belum,’’ ujar Kepala SMKN 1 Gianyar Drs I Dewa Putu Alit MPd, Jumat (12/7), di Gianyar.

Kasek asal Kelurahan Gianyar ini mempermaklumkan kepada masyarakat karena sekolah ini belum bisa membuka jurusan Perhotelan. Tahun depan pihaknya akan membuka jurusan Perhotelan karena SMKN 1 Gianyar, satu-satunya SMKN di wilayah Gianyar timur yang ini tidak memiliki jurusan ini. Oleh karena itu, setahunya anak-anak lulusan SMP dari wilayah Gianyar timur terpaksa bersekolah untuk mengambil jurusan Perhotelah agak jauh ke SMKN di Kecamatan Ubud, Tampaksiring, dan Sukawati. ‘’Bahkan saya dengar ada yang sampai ke Bangli,’’ ujarnya.

Dewa Alit menyebutkan terkait rencana membuka jurusan Perhotelan, pihaknya akan mohon petunjuk kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali yang membawahi operasional SMK dan SMA. Untuk pembelajaran siswa nanti dalam jurusan baru tersebut, pihaknya telah menyiapkan sejumlah ruangan yang memadai. Ruangan tersebut antara lain untuk pemenuhan kebutuhan pembelajaran dalam kelas, ruang praktik front office/ruang depan, house keeping/penataan atau perawatan kamar tidur, dan lain-lain.

Dalam catatannya, selama ini dua SMKN di Kabupaten Gianyar tidak membuka jurusan Perhotelan, yakni SMKN 1 Gianyar dan SMKN 1 Sukawati. Sedangkan SMKN lain yang membuka jurusan Perhotelan yakni SMKN 1 Tampaksiring, SMKN 1 dan SMKN 2 Tegallalang, dan SMKN 1 Ubud. Jelasnya, SMKN 1 Gianyar kini memiliki enam jurusan/kompetensi keahlian siswa, yakni Akuntansi, Manajemen Perkantoran, Bisnis Digital, Komputer/Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), dan Desain Komunikasi Visual. 

Untuk tahun ajaran 2024/2025, SMKN 1 Gianyar menerima 240 siswa baru untuk sembilan rombongan belajar. Sekolah yang beralamat di Jalan Mulawarman, Kelurahan Abianbase, Gianyar, ini selain memiliki 240 siswa baru/kelas IX, juga 364 siswa klas X dan 464 klas XI.7lsa

Komentar