nusabali

Rio Waida Pede Tatap Olimpiade

  • www.nusabali.com-rio-waida-pede-tatap-olimpiade

JAKARTA, NusaBali - Atlet selancar ombak asal Bali Rio Waida mengaku kian pede (percaya diri) berlaga di Olimpiade Paris 2024, usai meraih hasil positif di kejuaraan Liga Surfing Dunia World Surfing League (WSL), di Pantai Teahupoo, Tahiti, beberapa waktu lalu.

Ya, Pantai Teahupoo, Tahiti, French Polynesia sendiri akan jadi lokasi lomba Olimpiade Paris 2024, pada 27 Juli-8 Agustus. Sedangkan dalam WSL Tahiti Pro pada akhir Mei itu, Rio tembus 16 besar usai mencatat dua ombak terbaiknya 7,17 dan 6,87 dengan total 14,04 poin.

"Saya masuk quarter lebih dari ekspektasi saya, jadi saya sangat senang, tentu saya lebih confidence, lebih percaya diri lah," kata Rio dalam acara "Berselancar bareng Rio Waida" bersama Samudera Indonesia, di Denpasar, Sabtu (13/7).

"Karena saya sudah tes ombak, sudah tes papan, dan sudah bekerja keras dengan coach, strategi dan cara baca ombak, jadi saya lebih confidence untuk Olimpiade,"kata pria keturunan Bali-Jepang itu.

Pada WSL Rio Pro di di Saquarema, Rio de Janeiro, Brasil, peselancar blasteran Indonesia-Jepang itu juga berhasil tembus 16 besar, sehingga hal itu juga membawa kepercayaan diri bagi dirinya. Terlebih, dalam ajang itu Rio mengalahkan peselancar Italia Leonardo Fioravanti yang akan jadi lawan pada babak pertama Olimpiade Paris.

"Persaingan babak pertama biasa saja karena sudah sering main bareng dan sudah sering tanding sama mereka. Walaupun dengan siapa saya bertanding sama saja gitu," kata Rio Waida.

Dalam undian babak pertama Olimpiade Paris 2024, Rio akan berkompetisi di Heat 8 bersama peselancar Jepang Reo Inaba dan Fioravanti, yang bisa jadi kompetitor kuat.

Baik Rio maupun Fioravanti berhasil lolos untuk mewakili negara masing-masing dalam Olimpiade Tokyo 2020 pada 2021 lalu. Keduanya juga sama-sama melaju hingga babak 16 besar Olimpiade, yang diundur satu tahun karena pandemi COVID-19 itu. Sedangkan dalam WSL Rio Pro yang berlangsung akhir Juni, Rio berhasil unggul atas Fioravanti pada babak pertama dan babak eliminasi. 

"Dia (Fioravanti) punya banyak pengalaman. Lebih pede (percaya diri) karena sudah mengalahkan dia. Sebelumnya, saya belum pernah mengalahkan dia, jadi sebelum Brasil itu masih ragu-ragu tapi di Brasil sudah mengalahkan dia di babak pertama dan babak eliminasi," ," ujar Rio Waida. *

Komentar