nusabali

Dijaga Ketat Balawista dan Polisi

Umat Hindu Gelar Ritual Malukat Banyu Pinaruh di Pantai

  • www.nusabali.com-dijaga-ketat-balawista-dan-polisi

GIANYAR, NusaBali - Umat Hindu di Gianyar melaksanakan ritual malukat Banyu Pinaruh di pantai, Redite Paing Sinta, Minggu (14/7). Sejak subuh, ribuan warga sudah memadati pantai.

Pantai Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Gianyar yang biasanya sepi mendadak ramai oleh warga untuk malukat Banyu Pinaruh. Balawista dan anggota kepolisian melakukan penjagaan ketat untuk menciptakan keamanan.

Salah seorang warga, I Komang Agus Wirawan, datang bersama keluarga ke Pantai Keramas untuk malukat. “Kami melaksanakan persembahyangan dan mandi di pantai,” ujar Agus Wirawan. 


Membeludaknya warga yang memadati pantai mendapat atensi dari Balawista BPBD Kabupaten Gianyar dan Satuan Polisi Air Udara Polres Gianyar. Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, I Gusti Ngurah Dibya Presasta, mengatakan Balawista menerjunkan 24 personel yang melakukan penjagaan di sepanjang garis pantai di Kabupaten Gianyar.

“Kami memiliki garis pantai sepanjang 15 kilometer, petugas Balawista disebar untuk melakukan penjagaan agar warga tidak mandi terlalu ke dalam di pantai karena sangat membahayakan,” ujar Ngurah Dibya. Warga diimbau untuk tetap waspada, gelombang tinggi bisa saja sewaktu-waktu terjadi. “Kami imbau untuk membatasi aktivitas mandi, jika gelombang tinggi datang agar cepat menepi,” saran Ngurah Dibya. 7 nvi

Komentar