nusabali

Bank Indonesia Gelar ‘QRIS Jelajah 2024’, Sasar 5 Destinasi

Perluas Pengguna QRIS

  • www.nusabali.com-bank-indonesia-gelar-qris-jelajah-2024-sasar-5-destinasi

DENPASAR,NusaBali - Perluasan digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia, khususnya di Provinsi Bali terus menunjukkan perkembangan positif. Hal tersebut ditandai dengan peningkatan penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) untuk transaksi (pembayaran).

Untuk kampanye perluasan digitalisasi atau QRIS, Bank Indonesia/BI Provinsi Bali, menggelar ‘QRIS  Jelajah 2024’. Sasarannya antara lain kawasaan wisata; Pantai Sanur, Tanah Lot, Pasar Seni Ubud, Pesta Kesenian Bali dan ditutup di Pantai Kuta. Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja menyampaikan Sabtu (13/7).

“Saat ini QRIS diterima dengan baik di Provinsi Bali dengan total pengguna sebanyak 1.032.894. Pengguna baru QRIS di 2024 sebanyak 39.479 atau telah tercapai 45,26% dari target,”  jelasnya. Sedangkan volume transaksi mencapai 54,59 juta kali atau telah tercapai 120,52% dari target.

“Hal ini menandakan sebagai salah satu destinasi utama pariwisata, eksosistem pariwisata di Bali antusias menerima wisatawan yang mau bertransaksi menggunakan QRIS,” jelasnya lanjut.

Sebelumnya  Kantor Perwakilan BI Bali menyelenggarakan QRIS Jelajah Indonesia 2024 Provinsi Bali dalam rangka mengkampanyekan perluasan digitalisasi sistem pembayaran di Indonesia khususnya di Provinsi Bali.

Program dikemas dalam bentuk kompetisi  bertujuan  memperluas pemahaman masyarakat Bali terhadap QRIS dan inisiatif digitalisasi sistem pembayaran lainnya.

QRIS Jelajah Indonesia 2024 Provinsi Bali dibuka  pada Jumat (12/7) di Pantai Sanur, Denpasar. Program QRIS Jelajah Indonesia bertujuan mengakselerasi digitalisasi pembayaran melalui perluasan akseptansi, sinergi, literasi, dan diseminasi kebijakan. Itu  dikemas dalam bentuk kompetisi dimana peserta akan melalui berbagai misi terkait inisiatif/kebijakan digitalisasi sistem pembayaran di lokasi yang telah ditentukan.

QRIS Jelajah Indonesia serentak dilaksanakan di 46 Kantor Perwakilan Bank Indonesia yang tersebar di seluruh Indonesia dengan tagline “Jelajah Indonesia Makin Praktis Pakai QRIS” merupakan sebuah kegiatan dengan format kompetisi untuk mengkampanyekan QRIS dan inisiatif digitalisasi SP (sistem pembayaran).

Erwin mengatakan, “Khusus Provinsi Bali, QRIS Jelajah Indonesia 2024 yang digelar pada 12-13 Juli 2024 mengangkat tema “Start with Sunrise and End with Sunset” dengan maksud agar peserta dapat merasakan pengalaman menggunakan transaksi non tunai serta turut mendiseminasikan kebijakan Bank Indonesia lainnya pada destinasi-destinasi pariwisata unggulan di Provinsi Bali. K17.

Komentar