nusabali

Atasi Kanada, Uruguay Peringkat Tiga

Akhir Indah Suarez, Selamatkan Tim dan Man of The Match

  • www.nusabali.com-atasi-kanada-uruguay-peringkat-tiga

Saya yakin Uruguay salah satu dari tiga tim terbaik di kompetisi ini dan mengingat turnamen ini melibatkan Amerika Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan, masuk tiga besar memungkinkan kita optimistis.

CHARLOTTE, NusaBali
Uruguay merebut peringkat ketiga Copa America 2024, usai mengalahkan Kanada lewat adu penalti 4-3, dalam laga di Bank of America Stadium, Charlotte, North Carolina, Minggu (14/7). Kedua tim bermain imbang 2-2 dalam waktu normal.

Dalam laga itu,  Uruguay unggul lewat Rodrigo Bentancur di menit 8, dan dibalas Kanada lewat Ismael Kone (22). Kanada berbalik memimpin 2-1 melalui pemain pengganti Jonathan David (80). Setelah itu, pemain senior Uruguay Luis Suarez, yang juga turun dari bangku cadangan, menyamakan skor 2-2 di menit 90+2.

Laga pun berlanjut adu penalti. Uruguay menang 4-3. Luis Suarez benar-benar jadi pahlawan bagi Uruguay. Selain mencetak gol di injury time, dia juga sukses jadi algojo Uruguay dalam adu penalti. Dua algojo Kanada gagal di adu penalti, yakni Ismael Kone dan Alphonso Davies. Uruguay pun finis sebagai juara 3 Copa America 2024.

Ini Copa America pertama bagi Kanada, yang finis di posisi keempat. Sebelumnya, Kanada gagal lolos Copa America 2016, yang terakhir kali diadakan di Amerika Serikat (AS). Sedangkan Uruguay memenangkan kompetisi itu 15 kali, runner-up enam kali, dan sekarang menempati peringkat ketiga.

Pelatih Uruguay Marcelo Bielsa mengungkapkan ketidakpuasan usai timnya mengalahkan Kanada lewat adu penalti 4-2 (2-2). Meski demikian, Bielsa memuji Suarez usai jadi pahlawan tim.

"Saya yakin Uruguay salah satu dari tiga tim terbaik di kompetisi ini dan mengingat turnamen ini melibatkan Amerika Tengah, Amerika Utara, dan Amerika Selatan, masuk dalam tiga besar adalah tempat yang memungkinkan kita optimistis," ujar Bielsa.

Bielsa juga mengatakan, Uruguay seharusnya bermain lebih baik dan lebih berkesinambungan, meski hanya sedikit tim yang bermain bagus. Selain itu, Bielsa juga memuji peran striker veteran Luis Suarez di skuad Uruguay yang mampu jadi penyelamat ketika timnya sempat tertinggal dari Kanada di laga perebutan peringkat ketiga Copa America 2024.

"Level yang dia (Suarez) tunjukkan, level teknis dan fisik masih layak untuk posisi di penyerang tengah tim ini. Dia memberikan dukungan yang sangat besar di dalam dan di luar lapangan," puji Bielsa.

Sementara itu, Luis Suarez mendapat perpisahan yang indah bersama Uruguay di Copa America 2024. Ya, Suarez mencetak gol penyelamat tim, jadi pemain terbaik, dan membawa Uruguay menang atas Kanada dalam perebutan peringkat ketiga.

Saat perayaan kemenangan, Luis Suarez dilempar-lempar ke udara oleh rekan-rekannya. Suarez juga dipeluk rekan-rekannya satu per satu. Laga itu kemungkinan yang terakhir baginya bersama Timnas Uruguay. Perpisahan Suarez kian manis karena dia dinobatkan sebagai man of the match.

Meski demikian, Suarez mengaku enggan berbicara kemungkinan ini jadi laga terakhirnya bersama Uruguay. Suarez ingin menikmati dulu kemenangan yang sulit ini. Dia ingin membicarakan semua hal baik yang dilakukan di tim nasional. 

Menurutnya, kebanggaan saat ini harus tetap dipertahankan. Suarez mengatakan, jersey tim nasional memaksa mewakilinya dengan cara terbaik setelah beberapa hari yang rumit, sulit, dan menyedihkan. 

“Kami harus pergi dengan gembira, tidak ada yang suka bersaing memperebutkan tempat ketiga dan keempat," kata mantan pemain Ajax, Liverpool, dan Barcelona ini. ant

Komentar