nusabali

Argentina Kalahkan Kolombia dan Raih Gelar Copa América Ke-16

  • www.nusabali.com-argentina-kalahkan-kolombia-dan-raih-gelar-copa-america-ke-16

MIAMI, NusaBali.com - Juara bertahan Argentina berhasil mengatasi kehilangan Lionel Messi untuk memenangkan gelar Copa América ke-16 mereka dengan mengalahkan Kolombia 1-0 berkat gol pemain pengganti Lautaro Martínez di Stadion Hard Rock Miami pada Minggu (13/7/2024) waktu setempat atau Senin siang di Indonesia.

Penyerang Inter Milan, Martínez, yang merupakan pencetak gol terbanyak turnamen ini, menerima umpan tepat dari Giovani Lo Celso sebelum mengangkat bola melewati kiper Kolombia, Camilo Vargas, pada menit ke-112.

Pada laga ini, Messi harus keluar di babak kedua pasca mengalami cedera non-kontak saat berlari dan terjatuh pada menit ke-64 dan menutupi wajahnya dengan tangan saat duduk di bangku cadangan.

Martínez kemudian berlari ke bangku cadangan untuk memeluk kaptennya setelah gol yang membawa Argentina melampaui Uruguay untuk menjadi tim dengan gelar Copa América terbanyak.

Dalam pertandingan yang dimulai 1 jam 20 menit terlambat karena kericuhan penonton di Stadion Hard Rock, Argentina memenangkan gelar besar ketiga berturut-turut setelah Copa América 2021 dan Piala Dunia 2022. Mereka menyamai prestasi Spanyol yang memenangkan Kejuaraan Eropa 2008 dan 2012 serta Piala Dunia 2010.

Argentina juga menghentikan rekor tak terkalahkan Kolombia selama 28 pertandingan sejak kekalahan Februari 2022 dari Albiceleste.

Messi terpaksa keluar lapangan karena cedera pergelangan kaki kanan yang tampak serius pada menit ke-64. Dia tetap berada di lapangan selama beberapa menit saat para pelatih datang sebelum dibantu berdiri dan segera melepas sepatunya dari kaki kanan.

Saat berjalan keluar lapangan, pemenang Ballon d'Or delapan kali itu melepas ban kaptennya dan melempar sepatunya ke tanah dengan frustrasi. Messi yang emosional kemudian menutupi wajahnya, menangis di kursinya. Dia digantikan oleh Nicolas Gonzalez.

Messi sebelumnya juga terjatuh sambil memegang pergelangan kaki kanannya setelah mendapat tantangan keras di babak pertama.

Pemain Inter Miami itu mengejar bola dan mencoba menendangnya sebelum keluar batas. Dia menanamkan kaki kanannya dengan posisi yang salah dan tampaknya terkena kontak dari Santiago Arias dari Kolombia.

Pemain berusia 37 tahun itu mengerang kesakitan dan berguling beberapa kali sambil memegang bagian bawah kaki kanannya. Para pelatih bekerja pada area tersebut selama beberapa menit sebelum membantunya berdiri. Dia berjalan perlahan menuju pinggir lapangan sebelum kembali masuk ke dalam permainan.

Messi sudah mengalami cedera kaki dan ketidaknyamanan sepanjang turnamen ini dan absen dalam pertandingan terakhir fase grup Argentina. Dia hanya memiliki satu upaya tembakan di babak pertama tersebut.





 

Komentar