nusabali

Operasi Patuh Agung, Personel Diwanti Tidak Lakukan Pungli

  • www.nusabali.com-operasi-patuh-agung-personel-diwanti-tidak-lakukan-pungli

SINGARAJA, NusaBali - Polres Buleleng menggelar Operasi Patuh Agung 2024 yang ditujukan untuk meningkatkan ketertiban lalulintas menjelang Pilkada 2024.

Operasi tersebut digelar selama 14 hari mendatang terhitung mulai, Senin (15/7). Sebanyak 100 personel Polres Buleleng dilibatkan dalam operasi lalu lintas itu.

“Operasi ini bertujuan menciptakan kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas menjelang Pilkada 2024. Serta meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-Undang No 2 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” ujar Wakapolres Buleleng, Kompol Fudin Ismail.

Pada Senin pagi kemarin, personel gabungan yang dilibatkan dalam operasi tersebut mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Agung 2024 di Halaman Polres Buleleng. Adapun sasaran proritas dalam operasi tersebut yakni pengemudi yang berkendara sambil menggunakan ponsel, tidak menggunakan helm SNI maupun sabuk pengaman, dan menerobos lampu merah.

Sasaran operasi agung ini  juga bakal menjaring pengendara yang melaju dengan kecepatan tinggi, melawan arus, serta wisatawan mancanegara maupun domestik yang melakukan pelanggaran lalulintas. “Operasi ini akan dilangsungkan selama 14 hari hingga 28 Juli 2024,” lanjutnya.

Dengan oprasi ini diharapkan bisa menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Seiring dengan perkembangan zaman dan masyarakat yang semakin dinamis, tantangan dan permasalahan di bidang lalulintas juga berkembang. Permasalahan klasik lalulintas seperti pelanggaran, kemacetan, hinggak kecelakaan lalulintas kini cenderung semakin sering terjadi khususnya di wilayah Bali.

Dalam operasi kali ini mengedepankan fungsi lalu lintas yang dilaksanakan secara simpatik, persuasif dan humanis serta turut didukung oleh kegiatan penegakan hukum lalulintas dengan menggunakan ETLE atau tilang elektronik baik mobile atau statis. “Kami ingatkan kepada personel yang bertugas agar mematuhi standar prosedur, menghindari tindakan pungli,” tandasnya.7 mzk

Komentar