nusabali

Sampah Menumpuk Berhari-hari di Pusat Kota

  • www.nusabali.com-sampah-menumpuk-berhari-hari-di-pusat-kota

GIANYAR, NusaBali - Sampah campur menumpuk berhari-hari di salah satu sudut kota Gianyar. Mirisnya, di atas tumpukan sampah itu terpampang larangan membuang sampah dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar Ni Made Mirnawati mengaku sedih melihat kondisi itu. Upaya menyadarkan masyarakat memilah sampah harus digenjot lagi. Sebab masih ada segelintir orang yang acuh sehingga banyak ditemukan sampah tercecer di pinggir-pinggir jalan. 

Dinas Lingkungan Hidup memastikan kebijakan pembuangan sampah terjadwal masuk TPA Temesi akan dilakukan secara konsisten. Mirnawati berkeyakinan lambat laun seluruh masyarakat akan menyadari manfaat memilah sampah dari sumber. 

Dia memastikan pemerintah akan konsisten terkait langkah-langkah penanggulangan sampah. “Kami akan konsisten selama 6 bulan ke depan untuk penjadwalan. Teknis pengangkutan diserahkan ke desa yang terpenting sesuai jadwal. Kami juga siap sosialisasikan ke masyarakat bersinergi dengan desa adat dan dinas,” jelas Mirnawati.

Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa mengatakan kebijakan pemilahan sampah di Gianyar mendapat apresiasi dari Pemerintah Provinsi Bali. “Kabupaten/kota yang lain ingin ikut seperti kita dalam hal penanganan sampah,” ujar Dewa Tagel. 

Menurutnya, penerapan di lapangan memang tidak mudah dan tidak bisa instan. “Perlu kesadaran kolektif. Kami harapkan sampah selesai di sumber,” jelasnya. Kesadaran yang dimaksud yakni sampah yang jika tidak ditangani dengan benar akan menjadi masalah krusial di masa depan. 7 nvi

Komentar